Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Ulama NU Bersatu Terbitkan Buku Antiterorisme

Ulama NU Bersatu Terbitkan Buku Antiterorisme

Sketsanews.com, Situbondo – Kalangan ulama di Jawa Timur menerbitkan buku mengenai Indonesia lima tahun ke depan dilihat dari aspek keamanan dengan tinjauan sosial masyarakat, budaya ekonomi, ideologi, dan distorsi politik.

Hal ini dikemukakan Dr. KH Achmad Abu Naim Muiz dari Pondok Pesantren Al-Munir, dalam acara pertemuan ulama, pemerintah, dan tokoh masyarakat di pondok yang berada di Kecamatan Besuki, Situbondo itu, Minggu (17/9/2017).

Buku tersebut berjudul ‘Halaqah Keamanan: Deklarasi Ulama Antiradikalisme dan Terorisme Se-Jawa Timur’. “Buku ini masukan dari ulama, berkenaan Indonesia lima tahun ke depan dilihat dari sisi keamanan dengan potensi dan gejalanya,” kata Zuber.

Mengutip dar Beritajatim, penerbitan buku merupakan bagian dari upaya perang pemikiran dengan kelompok Islam radikal. “Buku kita lawan dengan buku. Kita akan melibatkan para kiai dan ustad,” kata Muiz. Nantinya, pandangan semua kiai terhadap radikalisme dan terorisme, termasuk mereka yang berada di masjid kampung, akan dirumuskan.

Selain itu, para ulama juga menyatakan sumpah setia terhadap NKRI serta sikap antiradikalisme dan terorisme yang disebut sebagai Deklarasi Situbondo. Deklarasi ini bagian dari perlawanan terhadap radikalisme yang meresahkan masyarakat dan bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Ketua Umum Rumah Kamnas Maksum Zuber yang menjadi penggagas acara tersebut mengatakan, acara halaqah ini diharapkan mampu merumuskan tekad bulat sinergi antar komponen bangsa untuk melawan radikalisme dan terorisme.

“Ulama dan dai harus menjadi pelopor untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam persatuan, menjadi teladan dan membimbing masyarakat agar selalu berada di jalan tengah,” kata Muiz. Para ulama bertugas mengajarkan Islam rahmatan lil alamin. (eLv)

%d blogger menyukai ini: