Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Usai Diguyur Hujan Deras, Balikpapan Terendam Banjir

Usai Diguyur Hujan Deras, Balikpapan Terendam Banjir

Banjir Balikpapan. ©2017 Merdeka.com

Sketsanews.com, Balikpapan – Ratusan rumah warga di Manggar Sari, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, terendam banjir hingga 1 meter, Kamis (30/3). Sebagian warga memilih mengungsi. Siang hari sebelumnya, Balikpapan diguyur hujan deras disertai angin kencang selama 2 jam.

Informasi yang diperoleh, kawasan paling parah yang terendam banjir yakni wilayah Manggar Sari. Hingga pukul 22.00 Wita malam tadi, masih terendam banjir. Sebagian warga, memilih mengungsi.

“Benar. Informasi dari warga di Manggar Sari sekira jam 10 malam tadi, rumah mereka masih terendam banjir akibat hujan deras siang tadi. Kami sudah turunkan tim rescue ke lokasi,” kata Kasi Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara Kantor SAR Balikpapan, Octavianto, Jumat (31/3).

Banjir Balikpapan 2017 Merdeka.com

“Mengacu informasi warga itu, ada sekitar 5-6 RT yang terendam ya. Tim rescue yang kami terjunkan ke lokasi, sudah dilengkapi dengan rubber boat (perahu karet),” ujar Octavianto, seperti dikutip dari Merdeka.

Octavianto mengatakan, bersama dengan tim rescue lainnya dan dibantu warga, terus mengantisipasi banjir semakin meluas di kelurahan Manggar.

“Karena air laut juga sedang pasang tinggi,” tambah Octavianto.

Tak cuma menerjunkan tim rescue, Basarnas, pihaknya juga mendirikan posko SAR sementara di Manggar Sari. “Posko dibuka hingga situasi banjir surut, dan kembali normal, menyesuaikan kondisi di lapangan. Tapi kalau banjir ternyata meluas, kami terjunkan separuh kekuatan Basarnas, mengantisipasi banjir berkepanjangan,” ungkap Octavianto.

Banjir Balikpapan 2017 Merdeka.com

Menurutnya, pasca hujan deras yang mengguyur Balikpapan kemarin, warga yang tinggal di Jalan Pemuda Pasar Sore Batakan, terpaksa dievakuasi. Di antaranya seorang nenek lumpuh berusia 70 tahun berhasil dievakuasi di tengah ketinggian permukaan air kurang lebih 1,5 meter.

Hujan deras tidak hanya mengakibatkan banjir di Balikpapan. Hujan deras juga mengganggu pendaratan pesawat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Sejumlah pesawat dilaporkan gagal mendarat. Satu pesawat dari Tarakan terpaksa Return To Base (RTB), dan lainnya dialihkan ke bandara lain, lantaran jarak pandang di bawah normal. (Tyo)

%d blogger menyukai ini: