Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Hidup Sehat, News Viral karena Insiden Buang Sampah, Sungai Bogowonto Dibersihkan

Viral karena Insiden Buang Sampah, Sungai Bogowonto Dibersihkan

Sungai di Wonosobo dibersihkan (Uje/detikcom)

Sketsanews.com, Wonosobo – Akhirnya hulu Sungai Bogowonto di Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran, Wonosobo, Jawa Tengah, dibersihkan. Sungai ini sempat bikin heboh karena video warga yang membuang sampah satu truk menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Sedikitnya, 700 orang, yang terdiri atas personel TNI, Polri, BPBD, SAR, Banser, komunitas sepeda motor, dan warga setempat, membersihkan sungai ini. Bersih-bersih sungai ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir atau tanah longsor sebelum datangnya musim hujan.

Hal ini disampaikan Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan di sela-sela pembersihan sungai, Sabtu (2/9/2017). Menurutnya, kebiasaan warga membuang sampah di sungai sangat membahayakan. Sampah tersebut bisa menyumbat aliran air, kemudian memicu bencana banjir atau tanah longsor.

“Makanya, sebelum musim hujan datang, sampah yang ada di hulu Sungai Bogowonto harus dibersihkan,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan warga agar tidak sembarangan membuang sampah. Meski sampah tidak mengandung zat berbahaya, membuang sampah ke sungai dapat menyebabkan bencana atau mencemari lingkungan.

Sungai di Wonosobo dibersihkan (Uje/detikcom)

Dikutip dari detikcom, “Apalagi jika sampah yang dibuang ini mengandung zat berbahaya, tentu akan merusak lingkungan,” ucapnya.

Saat ditanya soal tindak lanjut pelaku pembuangan sampah di Sungai Bogowonto, Ridwan menuturkan saat ini masih didalami. Saat ini, kata dia, pihaknya masih fokus membersihkan sampah yang ada di Sungai Bogowonto.

Sebelumnya, truk yang digunakan warga membuang sampah di Sungai Bogowonto telah diamankan Polres Wonosobo. Sedangkan dua pelaku, yakni NI dan P, sudah dimintai keterangan dan mengakui orang yang ada dalam video tersebut adalah mereka.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: