Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Peristiwa Viral Video TKW di Arab yang Dikurung di Ruangan Seperti WC

Viral Video TKW di Arab yang Dikurung di Ruangan Seperti WC

Capture Video TKW di Arab Saudi yang dikurung diruagan seperti WC

Sketsanews.com, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan beberapa Tenaga Kerja Wanita Indonesia dengan kondisi sedang terperangkap di sebuah ruang beredar di akun Facebook Lambe Turah. Dalam video tersebut terdengar suara dari salah satu TKW menceritakan keadaan mereka yang tak bisa pulang ke Indonesia.

“Ini lah kami para TKW Indonesia yang memiliki kesulitan untuk berpulang kampung ke Indonesia,” kata salah satu TKW itu.

Mereka berada di Wilayah Dammam al Khobar, Arab Saudi. Para TKW tersebut terkurung dalam sebuah ruang yang mirip WC penuh air. Dia mengatakan para TKW itu merupakan korban penipuan dari sebuah perusahaan tenaga kerja karena apa yang dijanjikan tidak sesuai dengan yang mereka dapat.

Berikut cuplikan curhatan para TKW tersebut dalam video yang tersebar di media sosial, yang dikutip detikcom, Senin (28/7/2017).

“Inilah kami para TKW Indonesia yang memiliki kesulitan untuk berpulang kampung ke Indonesia. Dengan keberadaan kami di Dammam al Khobar. Kami punya keluhan sendiri masing-masing namun karena ketekatan orang kantor yang tidak memulangkan kami beginilah keadaan kami. TIdur dengan tempat yang bergelinangan air ini lah suatu bukti bahwa Indonesia tak layak mendapatkan apa yang dijanjikan di Indonesia. Kita hanya korban sponsor yang tidak sesuai dengan saat kami berangkat. Perjanjian kami sewaktu kami barangkat di PT dalam keadaan part time namun ketika sampai di sini kami diperlakukan seperti binatang, bukan hanya tempat tinggal, kami juga pernah mengalami pelecehan seksual,” kata TKW yang merekam video itu.

“Pak Jokowi tolong saya, saya sudah 5 bulan di sini, sedangkan saya kantor tidak mulangin pak, tolong saya, bantu saya secepatnya pak,” kata salah satu wanita berbaju putih saat dimintai testimoni.

“inilah kami. Satu per satu akan menanyakan keluhan kami di sini agar KBRI mohon tindakan secepat mungkin,” kata TKW yang merekam video itu lagi.

“Apa keluhan Ibu, tolong bu?” tanya dia ke TKW yang lain.

“Saya sakit, di sini kerja sudah 1 tahun. Saya sakit sudah divonis dokter ada penyakit tapi kantor nggak mau mulangin saya, tolong pak. Saya datang dari indonesia di sini ada penyakit, sakit tapi kantor nggak mau mulangin pak,” jawab TKW yang memakai kain abu-abu itu.

“inilah kami tempat kami di Saudi Arabia,” ucap wanita yang merekam itu.

“Pak apakah layak pak kami dikasih tidur pak, kita di sini tidurnya kayak gini ada airnya. Mentang-mentang kami mau pulang kita suruh tidur kayak gini, kemarin kita mau kerja disuruhnya kayak apa. Sekarang itu Indonesia itu kayak sampah di bawah diinjek-injek,” kata TKW lain yang berbaju coklat sambil menahan isak tangis.

“Inilah tempat kami Indonesia. Mohon Pak KBRi agar tindakan selanjutnya. Kami ingin pulang kampung masing-masing karena tidak sesuai dengan perjanjian kami sewaktu kami tanda tangan di PT perjanjian part time,” pungkas TKW yang merekam.

Video tersebut sudah ditonton 15 ribu orang di Facebook dan mendapat reaksi 30 orang dan sudah di-share 20 orang. Belum ada respons dari pihak terkait terhadap video ini.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan pihaknya akan mengecek dimana keberadaan para TKW itu terlebih dahulu. Arrmanatha menambahkan Kemlu juga akan berkoordinasi dengen KBRI setempat.

“Kami sedang cek untuk mengetahui dimana mereka berada. Pastinya (berkoordinasi dengan KBRI setempat -red),” kata Arrmanatha saat dikonfirmasi terkait video TKW, Senin (28/8/2017).

Berikut videonya yang diambil dari akun FB Lambe Turah.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: