Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Waketum: La Nyalla Ditolak PAN, Kok Gerindra yang Disudutkan?

Waketum: La Nyalla Ditolak PAN, Kok Gerindra yang Disudutkan?

Sketsanews.com, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menampik tudingan La Nyalla Mattalitti soal permintaan mahar politik untuk diusung partainya di pilgub. Ia menyebut La Nyalla gagal melenggang Pilgub Jatim karena sebab lain.

“La Nyalla gagal dapet PAN karena memang dukungan Amien Rais pada La Nyalla dicuekin sama Ketum PAN dan Pengurus DPW Pan Jatim. Kok aneh jadi Gerindra yang disudutkan?” kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Sebelumnya, La Nyalla menuding Gerindra meminta mahar politik darinya sebesar Rp 40 miliar. Menurut dia, uang itu untuk membayar saksi selama pelaksanaan pilkada.

Arief menegaskan partainya tidak pernah meminta mahar. Jumlah uang yang disebut La Nyalla, kata dia, tidak cukup untuk menutup biaya operasional saksi.

“Jadi enggak benar itu kami memalak La Nyalla untuk diusung Gerindra di Pilgub Jatim,” ujar Arief.

Hitung-hitungannya paslon di Pilkada Jatim butuh Rp 141,3 miliar untuk operasional saksi tingkat TPS hingga KPUD. Nilai yang disebut La Nyalla, menurut Arief, kurang.

“Nah kekurangannya biasanya yang nombok itu Partai Gerindra yang diambil dari kader-kader Gerindra di eksekutif dan legislatif,” terangnya.

Ia mengatakan kebutuhan dana operasional saksi merupakan realitas politik. Arief meminta La Nyalla menghentikan polemik soal uang mahar. (Ro)