Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Hidup Sehat, News Warga Temukan Ribuan Jarum Suntik Bekas Berserakan di Pantai Belumbang

Warga Temukan Ribuan Jarum Suntik Bekas Berserakan di Pantai Belumbang

ribuan bekas jarum suntik berserakan di sepanjang pantai Belumbeng Dusun Tanjung Kamal Timur

Sketsanews.com, Situbondo – Penemuan Limbah medis berupa ribuan bekas jarum suntik berserakan di sepanjang pantai Belumbeng Dusun Tanjung Kamal Timur, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Jatim Sabtu malam (16/9).

Penemuan tersebut berdasarkan informasi yang beredar di sebuah group media Sosial Facebook yang diposting oleh akun Muhammad Alfian yang mengaku kaget saat melihat ribuan jarum suntik bekas berserakan.

“Yang bersangkutan atau Muhammad Alfian pelajar berumur 18 tahun ketika kami tanya, mengaku sudah menjadi rutinitas berolah raga di pantai Belumbang ini, dan kaget saat melihat Ribuan jarum suntik berserakanberserakan, kemudian mengunggah foto tersebut di group Facebook Info Warga Situbondo (IWS),” Ucap Kapolsek Mangaran Akp Madya Wira Aji Kusuma, sh saat diwawancara di lokasi sabtu malam.

menurut Kapolsek Mangaran Pihaknya segera berkoordinasi dengan Pihak Puskesmas dan Dinas lingkungan atas temuan tersebut serta memasang garis polisi (Police Line) untuk mensterilkan lokasi penemuan.

Dikutip dari Beritalima, “Sementara kami mengumpulkan barang bukti di lokasi sebisa mungkin, karena kondisi gelap malam hari dan air laut pasang, Penyisiran akan dilanjutkan besok pagi bersama, 3 pilar dan masyarakat, kami himbau agar Masyarakat tidak memegang barang tersebut tanpa sarung tangan jika menemukannya karena dikawatirkan membahayakan, kami akan lakukan penyelidikan dari mana barang tersebut berasal, dan siapa yang membuangnya,” Imbuh Madya.

Kepala Puskesmas Mangaran Didik Sudiarso, SKM. M.kes disela – sela penyisiran membantah jika ribuan jarum suntik bekas tersebut berasal dari Puskesmas Mangaran, Dirinya menduga bahwa limbah medis tersebut sengaja dibuang dari luar lingkup Dinas kesehatan bahkan kemungkinan dari luar Situbondo dan dilakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

“Puskesmas atau Dinas kesehatan kabupaten Situbondo sudah mempunyai SOP pembuangan dan pemusnahan limbah medis, dan saya jamin ini bukan dari lingkungan dinas kesehatan, kami minta kepolisian segera mengusut masalah ini secara tuntas,” Singkatnya.

Pantauan di lokasi penyisiran bekas jarum suntik, yang tersebar sepanjang pantai, banyak ditemukan jarum suntik yang masih tersisa cairan diduga darah, bahkan ada yang ditemukan diatas tebing pantai

Wakil Bupati Situbondo H.Yoyok Mulyadi mengutuk keras pembuang limbah medis yang sangat membahayakan tersebut dan berharap pelakunya segera tertangkap karena sangat membahayakan bagi masyarakat luas,”Do’akan mereka yang sudah berbuat yang kurang terpuji , di ampuni Dosa nya dan tidak mengulangi lagi perbuatannya,”Ucap Wabup dalam pesan Singkatnya.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: