Nonton Bareng “Sang Sukrasana”

Sketsanews.com – SETELAH mempergelar wayang orang sebagai mahakarya kebudayaan Indonesia di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Gedung Kesenian Jakarta, Istana Merdeka, Sydney Opera House, UNESCO Paris maka pada hari Minggu 17 November 2019 mulai pukul 16.00 WIB, Laskar Indonesia Pusaka siap mempergelar wayang milineal dengan lakon “Sang Sukrasana” di Teater Besar Taman Ismail Marzuki.

Wayang Oang

Wayang Orang menampilkan kisah Wayang Purwa merupakan mahakarya seni teater Indonesia setara Kathakali India, Kabuki Jepang, Opera China, Opera Italia, Opera Prancis, Opera Jerman, Musical Broadway dan lain-lain.

Wayang Purwa berakar pada Mahabharata dan Ramayana namun di Indonesia mandiri berkembang sehingga melahirkan berbagai kisah dan tokoh yang hanya hadir di persada Nusantara saja. Satu di antaranya adalah Sukrasana mengejawantahkan semangat kesetiaan dan kerakyatan yang senantiasa siap berkorban tanpa pamrih.

Sukrasana yang buruk rupa namun sakti mandraguna sangat mencintai kakandanya, Sumantri yang kesatria rupawan. Sukrasana senantiasa siap berkorban jiwa-raga demi memenuhi ambisi jabatan dan kekuasaan Sumantri.

Apabila para tokoh Mahabharata dan Ramayana seperti Pandawa, Kurawa, Rama dan Rahwana adalah kaum bangsawan maka tokoh Wayang Purwa seperti Sukrasana dan para Punakawan adalah kaum rakyat jelata meski dalam kesaktian sebenarnya jauh lebih unggul ketimbang para bangsawan.

Milineal

Pada pergelaran wayang milineal Sang Sukrasana akan tampil para tokoh seni-teater milineal seperti Lukman Sardi, Maudy Koesnaidi, Ruth Marini, Asmara Abigail, Tina Toon, Inayah Wahid, Giok Hartono, Aylawati Sarwono, Yessy Sutiyoso, Gendhis Suharto, Sarah Arifin didampingi para jenderal TNI dan Polisi serta para tokoh profesional wayang orang Bharata, Swargaloka, RRI Solo didukung skenario, koreografi, tata musik, tata suara dan tata dekor teknologi multi media mutakhir generasi milineal kaliber internasional.

Harap para pencinta seni-budaya segera bergegas memesan tanda masuk yang tersedia online di www.bli2.com atau hubungi Dara lewat +62 857 10063359 agar pada hari Minggu 17 november 2019 pukul 16.00 WIB dapat tidak ketinggalan berduyun-duyun datang ke Teater Besar TIM nonton bareng pergelaran akbar wayang milineal “Sang Sukrasana”! []

Penulis adalah pembelajar kebudayaan Indonesia.

▶ Sumber : Rmol ◀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: