Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines One Way akan Diberlakukan Pukul 15.00 WIB di Cipali, Ini Alurnya

One Way akan Diberlakukan Pukul 15.00 WIB di Cipali, Ini Alurnya

Ilustrasi/Tol Cikarang Utama/Taufiq-detikcom

Sketsanews.com, Purwakarta – Rekayasa arus lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) akan diberlakukan di Tol Cipali arah Jakarta pukul 15.00 WIB. One way arus balik ke Jakarta diberlakukan di titik tertentu.

“Jadi tahapannya dari Cawang ke Cikarut (KM 29) kita tutup. Dari Cawang nggak boleh masuk, semua (kendaraan) lewat Kalimalang. Nah Cikarut kita buka, kita buka yang dari arah Jateng masuk Cawang dari jalur A (jalur Jakarta-Cikampek, red),” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin kepada wartawan di Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (19/6/2018).

Setelah itu, one way akan diberlakukan dari KM 68 Gerbang Tol Kalihurip ke KM 47 Tol Karawang Barat. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan jalur Jakarta-Cikampek bebas dari kendaraan untuk digunakan sebagai jalur arus balik.

“Rest area dikuras, suruh berangkat jangan sampai terlambat dan kejebak. Ketika sudah clear, dilepas (arus balik one way, red) begitu prosesnya sampai Palimanan,” ujar Benyamin, seperti dikutip detikcom.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa sebelumnya mengatakan pihaknya menyiapkan rekayasa lalin dengan contraflow dan one way tol arah Jakarta. Royke berharap pengendara yang akan keluar Jakarta menggunakan jalur arteri bila sistem one way diberlakukan.

Peningkatan arus balik menurut Royke sudah terjadi pada Senin (18/6). Mengutip data Jasa Marga, tercatat ada 116 ribu kendaraan sudah masuk ke Jakarta pada H+3.

Diprediksi puncak arus balik akan terbagi pada hari ini dan tanggal 24 Juni berbarengan dengan habisnya masa libur sekolah.

“Evaluasi kemarin, kendaraan berdasarkan data Jasa Marga 116 ribu sekian yang masuk Jakarta. Padahal prediksinya nggak sampai 100 ribu (kendaraan), naik 70 persenan dari (kondisi) normal,” ujar Royke di Purwakarta.
(Sh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: