Sketsa News
Home Opini, Video Teror Di Sinai Mesir, Siapa Dan Untuk Apa?

Teror Di Sinai Mesir, Siapa Dan Untuk Apa?

Sketsanews.com – Inna lillahi wainna ilaihi rojiun. Kita wajib berduka atas musibah yang memilukan ini, semoga Allah jadikan semua korban sebagai syuhada. Dan Allah balas pelaku nya dengan seburuk buruk azab didunia dan akhirat.

Teror di sinai mesir kemarin jumat yang menewaskan 235 jiwa dan 110 lain nya luka adalah tragedi kemanusiaan. Membantai muslim yang hendak melaksanakan ibadah adalah kebiadaban, tidak layak disebut manusia.

Teror ini kalau dilihat dari kacamata politik, khususnya bagi mereka yang paham Geopolitik mesir tidaklah sulit

Pertama: Rezim as sisi adalah memang rezim berdarah sejak awal mengkudeta muhammad mursi

Kedua: Kalau melihat rekonstruksi teror dan situasi dua hari sebelumnya, teror jenis begini hanya mampu dilakukan rezim as sisi

Ketiga: Kalau kita mau mengaitkan teror ini dengan kelompok salafi jihadis di gurun sinai, logika nya gak ketemu, karena kelompok salafi jihadis di sinai sudah lemah dan tidak lagi terlalu kuat

Keempat: Minimnya petugas keamanan mesir disekitar mesjid di zona yang masuk kategori merah ini adalah keganjilan

Kelima: Teror ini terjadi ditengah hubungan rahasia lanjutan mesir-israel, dan hubungan rahasia israel – saudi

Keenam: Teror ini juga terjadi kurang dari setahun menjelang pilpres mesir tahun depan yang pesaing as sisi juga adalah militer didikan dubai Jenderal Purn Ahmad Syafieq

Ketujuh: Masalah sinai memang sangat strategis jika as sisi ingin menggunakan sebagai komoditas kampanye pilpres tahun depan

Selain bisa mendapatkan uang dari saudi untuk pemilu, as sisi juga bisa mendapatkan dukungan politik dari israel.

Ingat, semua tahanan politik didalam penjara as sisi saat ini adalah musuhnya saudi dan juga musuh israel. Dan semua tahanan politik di penjara saudi rezim ben salman saat ini adalah juga musuhnya mesir dan israel juga.

Saudi dan mesir berada dalam satu blok dalam memusuhi qatar dkk nya termasuk ikhwan mesir dan hamas palestina.

Saya tidak ragu sedikitpun mengatakan bahwa hanya rezim as sisi yang mampu melakukan kordinasi teror ini demi kepentingan uang dan dukungan untuk pilpres tahun depan.

Dan hanya rezim asisi yang sudah berpengalaman membantai jamaah sholat seperti halnya di lapangan rab’ah saat membantai pendemo damai dari pendukung muhammad mursi 2012 lalu.

Kenapa As sisi harus melakukan teror ini? Karena saingan as sisi dalam pilpres tahun depan bukanlah lawan yang ringan, isu keamanan adalah jualan mereka berdua, isu terorisme ini adalah pintu masuk asisi mencengkram mesir sampai pilpres usai dan target as sisi menang kembali.

Bedanya As sisi didukung saudi dan lawan nya Ahmad Syafiq didukung UAE, saya lihat Syafiq berpeluang mengalahkan As sisi tahun depan.

Itulah mengapa As sisi harus banyak melakukan manuver dalam masalah keamanan dan isu terorisme termasuk harus rela membunuh rakyatnya sendiri, kalau gak tega an bukan as sisi namanya.

Kenapa juga harus sinai? Karena sinai adalah daerah yang masuk dalam kesepakatan rahasia antsra mesir-israel, sinai kedepan akan diserahkan mesir ke israel, nasib sinai sama dengan nasib dataran tinggi golan di suriah.

By: Tengku Zulkifli Usman
Analis Politik Dunia Islam & Internasional, Jakarta

(in)

%d blogger menyukai ini: