Otomotif

Raih Pole di MotoGP Austria, Marquez Lewati Rekor Doohan

Marquez telah mengoleksi 59 kali pole sepanjang berkiprah di ajang MotoGP. Catatan itu membuatnya mengukir rekor sebagai pembalap dengan pole terbanyak dalam sejarah MotoGP.

Sebelum kualifikasi MotoGP Austria, koleksi pole Marquez sejajar dengan Doohan. Mereka sama-sama mengantongi 58 pole.

Posisi ketiga dalam kategori ini ditempati pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. The Doctor mengoleksi 55 pole sepanjang kariernya di MotoGP.

Tanda-tanda Marquez bakal start pertama pada MotoGP Austria 2019 sudah terlihat sejak sesi latihan bebas kedua. Pembalap berjuluk Baby Alien tersebut berhasil mencatat waktu lap terbaik.

Marquez kembali menempati posisi teratas untuk catatan waktu lap terbaik pada latihan bebas ketiga. Ternyata, tren positif tersebut berlanjut pada kualifikasi MotoGP.


Rekor Lap di Red Bull Ring

Marquez bukan hanya melampaui rekor bergengsi milik Doohan. Dia juga berhasil membukukan rekor lap baru di Sirkuit Red Bull Ring, yang dulunya dipegang Andrea Iannone pada 2016.

Rekor waktu lap terbaik milik Marquez tersebut, yaitu 1 menit 23,027 detik.

Start dari posisi pertama juga membuka peluang Marquez menjuarai MotoGP Austria untuk kali pertama. Sejak MotoGP Austria masuk kalender, pembalap asal Spanyol itu belum pernah naik podium utama.

Pada 2016, Marquez hanya finis di posisi kelima. Adapun pada MotoGP Austria 2017 dan 2018, Baby Alien selalu menjadi runner up.