Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Panglima TNI Buka Latihan PPRC

Panglima TNI Buka Latihan PPRC

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat tiba di Markas Komando Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang, Senin, 30/4/2018 (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto membuka langsung latihan Mako PPRC TNI di Ruang Pusat Komando dan Pengendalian PPRC Markas Divif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Senin (30/4).

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Wakasau Marsda TNI Wieko Syofyan, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, Waasops Panglima TNI Marsma Khairil Lubis dan Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah serta Pangkoops AU 1 Marsda Nanang santoso.

Latihan Mako merupakan tahap perencanaan dan persiapan operasi, yang melibatkan Penyelenggara, unsur Pimpinan dan Staf PPRC TNI. Latihan ini dilaksanakan selama tiga hari, hingga tanggal 3 Mei mendatang dan diikuti oleh 344 orang peserta.

PPRC TNI adalah Satuan Komando Gabungan TNI (AD, AL dan AU) yang disiagakan setiap saat untuk melaksanakan tugas pokok sebagai penindak awal terhadap berbagai kontijensi, yang terjadi di seluruh wilayah NKRI.

Pangdivif 2 Kostrad, Brigjen TNI Marga Taufiq bertindak sebagai Komandan PPRC dan memiliki garis komando di bawah Panglima TNI langsung. Adapun operasi yang dilaksanakan PPRC TNI adalah memberi ruang dan waktu kepada Komando Gabungan TNI yang lebih besar.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sementara itu, Panglima TNI berharap agar semua prajurit yang terlibat pada latihan Mako ini dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan, khususnya pengetahuan di dalam proses pengambilan keputusan, mulai dari tahapan menganalisa tugas, merumuskan dan menentukan cara bertindak terbaik, sampai dengan merumuskan suatu rencana kegiatan operasi.

“Harapan saya, latihan posko nanti akan membantu kegiatan kegitan latihan yang kita laksanakan, dengan skenario kita menerjunkan pasukan di tiga spot yakni, Selaru, Timika dan Morotai, karena sesuai dengan jukop PPRC ini adalah satu kesatuan yang diterjunkan dalam menghadapi ancaman nyata”, ujar Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto
Disamping itu, latihan Mako juga dapat dikatakan sebagai forum intelektual guna menyamakan berbagai macam bentuk pengetahuan militer dari sudut kematraan masing-masing, guna mewujudkan satu kesamaan persepsi didalam memandang tugas pokok yang diberikan pimpinan TNI.

Hal ini perlu dilakukan untuk mewujudkan suatu kekuatan berkemampuan reaksi cepat yang setiap saat dapat digunakan serta selalu dalam keadaan siaga operasional.

(Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: