Pembobol Situs Citilink & Tiket.com Ternyata Lulusan SMP

Sultan Haikal (Foto: Tribunnews.com)

Sultan Haikal (Foto: Tribunnews.com)

 

Sketsanews.com, Jakarta – Polisi telah mengungkap siapa pembobol situs milik PT Citilink Indonesia (www.citilink.co.id) dan akun milik PT Global Network (tiket.com). Tersangka pelakunya adalah Sultan Haikal, 19, seorang pemuda lulusan SMP.

Sultan Haikal ditangkap polisi karena tindakannya menjebol sejumlah situs. Tak hanya itu, dia juga menjadi mentor dari tiga orang peretas lainnya yang juga telah ditangkap polisi.

Kendati hanya lulusan sekolah menengah pertama, Haikal telah aktif melakukan peretasan sejak tahun lalu dibantu ketiga temannya hingga menimbulkan kerugian mencapai miliaran rupiah. “Haikal ini adalah mentornya. Jadi Haikal yang membuka pintu ke berbagai macam situs,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto, Rabu (5/4/2017).

Namun ternyata, faktor ekonomi tidak melulu menjadi alasannya melakukan peretasan. Bahkan, menurut Rikwanto, kebanyakan aksi peretasan yang dia lakukan adalah untuk unjuk kebolehan di hadapan teman-temannya.

“Tidak semuanya urusan ekonomi atau urusan mendapatkan penghasilan. Kebanyakan urusan unjuk kemampuan, unjuk jago. Dia berhasil buka itu, dia tunjukan kepada junior-juniornya dan merupakan kebanggaan bagi dirinya,” katanya, sebagaimana dikutip dari Solopos.

Sejauh ini, menurut tiga orang rekan Haikal yang sudah diamankan terlebih dahulu yakni MKU, Al, NTM, mereka telah meretas sebanyak 4.600 situs. Beberapa situs besar antara lain situs milik PT Citilink Indonesia (www.citilink.co.id) dan akun milik PT Global Network (tiket.com).

Namun demikian, sejauh ini kepolisian belum memiliki rencana untuk merangkul Haikal. Menurut Rikwanto pihaknya perlu mencari tahu lebih jauh terkait sejumlah aspek seperti identitas Haikal, kemampuannya sera cara kerjanya.

“Belum ada ke arah situ. Kita masih meneliti dulu dia siapa, kemampuannya sebesar apa dan situs-situs yang dia bongkar sepeti apa dan caranya sepeti apa. Masih pemeriksaan mendalam,” tambahnya.

(Wis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: