Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Pemerintah Akan Impor Daging Sapi dari Brazil?

Pemerintah Akan Impor Daging Sapi dari Brazil?

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan

Sketsanews.comJakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih menunggu keputusan Kementerian Pertanian (Kementan) soal impor daging sapi dari Brasil guna memenuhi kebutuhan konsumsi saat Ramadan dan Lebaran 2018

“Kami menunggu (informasi) dari Kementan. Mudah-mudahan bisa impor secepatnya,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan di Pabrik PT Multi Bintang Indonesia Tbk di Tangerang, Banten, Senin, 14 Mei 2018.

Adapun Kementan masih melakukan analisis kajian terhadap rumah potong hewan dan peternakan di Brasil. Kementan juga masih menunggu hasil audit dari tim independen.

Kemendag menargetkan keperluan impor tersebut untuk memberikan pilihan kepada masyarakat untuk konsumsi daging dengan harga Rp 80 ribu per kilogram. Selain daging sapi, pemerintah telah mengeluarkan izin 100 ribu ton daging kerbau yang dipasok dari India sejak Februari lalu.

Mengutip dari Tempo, importasi daging kerbau dilakukan oleh dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Perum Bulog dan PT Berdikari. Bulog telah mengeluarkan tender sebesar 40.000 ton, sementara PT Berdikari yang mendapat izin impor hampir 10.000 ton, menargetkan dapat memasok minimal 1.000 ton untuk daging setara paha depan.

Rencananya, impor daging sapi juga dilakukan oleh Bulog dan Berdikari. Agaknya, jika impor telah dimulai, maka pemasok sama seperti daging kerbau India.

“Kami berharap (rencana impor daging sapi dari Brasil) untuk kepentingan Puasa dan Lebaran, makanya kami dorong Kementan (segera mengeluarkan keputusan),” katanya. (Wis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: