Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Pemilu 2019, KPU Kota Batu Gunakan Kotak Suara Transparan

Pemilu 2019, KPU Kota Batu Gunakan Kotak Suara Transparan

Ratusan kotak suara di kantor KPU Kota Batu, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Ratusan kotak suara di kantor KPU Kota Batu, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Sketsanews.com, Malang – Rencana penggantian kotak suara transparan juga bakal dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu. Angan-angan itu rupanya bakal direalisasikan saat pemilihan umum dan pemilihan presiden tahun 2019 mendatang.

“Sudah mulai disosialisasikan tentang kotak suara transparan. Namun untuk kotak suara lama ini, nanti akan dilelang terlebih dahulu,” ungkap Komisioner Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Kota Batu, Erfanudin, Sabtu (23/6/2018).

Ia menjelaskan kotak suara transparan memiliki ciri bagian depannya terlihat, sehingga pemilih yang memasukan surat suara ke dalamnya akan terlihat. Termasuk untuk memastikan bahwa pemilih memasukkan surat suara pada kotak suara.

Hal ini juga bertujuan mewujudkan proses demokrasi yang transparan. “Jadi ketika pemilih itu memasukkan surat suara bisa terlihat. Karena bagian depannya kan transparan,” imbuhnya saat ditemui di kantor KPU Kota Batu, Sabtu (23/6/2018).

Menurutnya untuk mewujudkan kotak suara transparan itu anggaran yang digunakan langsung dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Surat sudah dilayangkan pada awal tahun 2018.

“Dan telah ditindaklanjuti dan berkoordinasi dengan KPKNL. Untuk teknisnya menunggu surat edaran dari KPU pusat,” ujar Erfan kepada BatuTIMES.

Lalu berapa jumlah yang dibutuhkan KPU Kota Batu untuk kebutuhan kotak suara ini? Menurut Erfan sesuai denga kebutuhan, untuk Pilgub 2018 ada 411 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga kebutuhannya 411 kotak.

Tetapi jumlah itu akan berbeda untuk Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang. Jumlahnya akan bertambah sesuai bertambahnya jumlah pemilih dan TPS di Kota Batu. (wal/malangtimes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: