Pemudik Harus Waspada Pertanda Pengemudi Mulai Ngantuk

Ilustrasi mudik malam hari (istimewa)

Ilustrasi mudik malam hari (istimewa)

Sketsanews.com, Jakarta – Bagi pemudik, berbagai risiko yang akan terjadi di jalan mesti diantisipasi. Untuk itu, baik pengemudi dan penumpang diharapkan selalu waspada, apalagi jika berbicara soal mengantuk ketika mengemudi.

Praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT, ada beberapa tanda-tanda pengemudi mulai mengantuk yang perlu diwaspadai, terutama bagi penumpang di antaranya yakni:

1. Kejap-kejap mata, itu sudah mulai mengantuk.
2. Mulai menguap
3. Ketika nyetir, posisinya bersandar.

“Memang menyetir dengan sandaran bisa bikin nyaman tapi itu tanda dari mengantuk. Coba perhatiin kalau kita nyetirnya masih fully awake, kita nyetirnya tegak. Tapi begitu sudah lelah, sudah bosen, nyandar,” kata dr Adreas di Jakarta, sebagaimana dilansir detikHealth, Jumat (31/5/2019).

Satu lagi yakni ketika pengemudi ‘meleng’ atau tidak menyadari jalanan yang sudah terlewati. Sebab, hal ini bisa menjadi tanda separuh otak sudah tertidur dan dia menyetir menggunakan insting.

“Itu sangat berbahaya. Karena dalam kecepatan sekian km/jam jika ada sesuatu yang berubah mendadak misal tiba-tiba ada kucing melintas, udah kelindes pasti,” tambahnya.

Karenanya, dr Adreas menyarankan agar usahakan untuk membawa lebih dari satu pengemudi. Jadi ketika salah satu capek, mengantuk, atau lelah, bisa bergantian dengan yang lainnya. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: