Pemulung Tertimbun Sampah, Pencarian Terkendala Tebing

Sketsabews.Com, Malang – Seorang pemulung tertimbun longsoran sampah di di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang di Kelurahan Mulyorejo, Kota Malang, longsor, Rabu (11/7) siang. Korban atas nama Agus Sujarno, 40, asal Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).

Hingga kini, korban belum ditemukan. Salah satu kendala saat proses evakuasi yakni tidak bisa masuknya alat berat ke area lokasi longsor. “Tebing terjal, harus pakai alat berat,” ujar Kepala UPT TPA Supit Urang Turut Setiaji kepada JawaPos.com, Rabu (11/7).

Dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, saat ini petugas masih mengupayakan evakuasi secara manual. “Sebelum alat berat masuk sini, sementara manual. Kemungkinan (pencarian) sampai malam,” terangnya.

Pihak UPT TPA Supit Urang sebenarnya sudah berusaha mengingatkan para pemulung jika daerah tersebut rawan longsor. Namun tidak sedikit pemulung yang masih nekad untuk mencari sampah di sana.

Petugas TPA Supit Urang sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang. “Kami juga sudah koordinasi minta bantuan anjing pelacak. Karena deteksi masih sulit,” ungkapnya.

Kepala BPBD Kota Malang J Hartono menambahkan, titik terakhir korban terjatuh masih belum di temukan. Untuk akses ke titik kejadian kondisinya terlalu curam. Sehingga alat berat tidak bisa masuk. “Menurut saksi, tadi korban sedang mengambil sampah bersama dua orang rekannya, kemudian terpeleset dan tertimbun longsoran sampah,” terangnya.

Sekadaf informasi, luas area TPA Supit Urang mencapai 32 hektare. Sementara yang eksisting sekitar 16 hektare.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: