Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hukum, News Pengajuan PK ‎Ahok Diterima MA, Sidang Perdana Digelar 26 Februari

Pengajuan PK ‎Ahok Diterima MA, Sidang Perdana Digelar 26 Februari

idang Perdana Digelar 26 Februari

Sketsanews.com, Jakarta – Mahmakah Agung (MA) menerima upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan terpidana kasus penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Kabiro Hukum dan Humas MA Abdullah mengatakan, bahwa permohonan pengajuan upaya PK‎ dilakukan oleh tim penasehat Ahok yakni Josefina A. Syukur dan Fifi Lety Indra yang juga merupakan adik kandung Ahok terkait putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara dengan nomor 1537/Pid.B/2016/PN.Jkt.

“(Pengajun upaya PK) Dengan menyebutkan alasan yang sejelas-jelasnya sebagai dasar permohonan, disampaikan melalui kepaniteran Pengadilan Jakarta Utara yang memutus perkaranya,” kata Abdullah dari keterangan tertulisnya, Senin (19/2/2018).

Ia pun membenarkan, bahwa Pengadilan Jakarta Utara telah mengeluarkan penetapan penunjukkan hakim yang memeriksa permohonan atau alat bukti yang dijadikan dasar atau alasan dalam pengajukan upaya hukum PK ini.

‎Abdullah melanjutkan, setelah penetapan hakim yang akan memeriksa permohonan dan alat bukti untuk mengajukan PK, maka sidang perdana akan berlangsung pada Senin 26 Februari 2018.

“Penasihat hukum pemohon Ahok yang berdomisili di wilayah Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sehingga surat panggilannya tidak bisa langsung, melainkan melalui bantuan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,” ‎ujarnya.

Kemudian sidang kedua akan berlangsung paling lama seminggu atau lebih dari sidang perdana ‎dengan agenda mendengarkan keterangan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Hakim pemeriksa upaya hukum PK kembali membut Berita Acara Pidana (BAP) kemudian dikirim ke MA bersama dengan berkas perkara secar lengkap,” pungkas Abdullah, dikutip dari Okezone.

(Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: