Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Peran Perempuan dalam Aksi Terorisme Diprediksi Meningkat

Peran Perempuan dalam Aksi Terorisme Diprediksi Meningkat

 

Tiga gereja di Surabaya jadi sasaran aksi terorisme, Minggu (13/5) pagi. Sedikitnya 38 korban luka-luka, dan 8 orang meninggal dunia. (Dok. JawaPos.com)

Sketsanews.com, Jakarta – Direktur Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) Sidney Jones menuturkan pelibatan perempuan dan anak dalam aksi teror di Surabaya adalah pola baru yang dilakukan oleh kelompok pro ISIS. Ia menilai, perempuan semakin diandalkan dalam melakukan serangan bom.

“Jadi memang ada evolusi dan sulit kembali ke masa lalu. Perempuan akan mainkan suatu peranan penting di masa depan,” kata Sidney di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/5).Seperti dikutip dari Jawapos

Menurut Jones, salah satu alasannya yakni motivasi pribadi dari pelaku. Selain itu, penampilan perempuan jarang dicurigai sebagai pelaku teror.

“Pemempuan mulai seperti didorong lebih aktif lagi karena motivasi pribadi dan keluarga. Kemudian laki-laki melihat perempuan sebagai orang yang tidak akan dicurigai,” tuturnya.

Kendati demikian, terkait serangan teror yang melibatkan satu keluarga di Surabaya, ia meyakini hal tersebut tidak kembali terjadi. Sebab tindakan tersebut benar-benar membuat banyak orang terkejut.

“Tidak ada keluarga lagi dari kelompok ini, asumsi kami. Kita tidak melihat akan ada keluarga lain terlibat. Ini tidak akan terjadi ke depan karena orang-orang begitu shock,” pungkasnya.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: