Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Perbatasan Rawan Kejahatan, Prajurit TNI Disebar hingga Jalur Tikus

Perbatasan Rawan Kejahatan, Prajurit TNI Disebar hingga Jalur Tikus

Menko Polhukam Wiranto (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

Sketsanews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut pasukan pengamanan seperti Polri dan TNI menumpuk di wilayah Jawa saja. Untuk itulah dia meminta agar prajurit TNI disebar hingga titik-titik jalur tikus di seluruh perbatasan Indonesia.

“Batas di wilayah itu sekarang longgar, karena longgar rawan kejahatan, kejahatan apa? Human trafficking, narkoba, radikalisme, itu kan banyak pintu-pintu di luar pelabuhan resmi yang merupakan jalur-jalur tikus yang harus kita jaga. Yang jaga siapa? Ya TNI,” ujar Wiranto di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).

Penyebaran prajurit TNI hingga ke jalur-jalur tikus di perbatasan itu diharapkan Wiranto bisa mengurangi indikasi kejahatan yang disebutkannya tersebut. “Kalau sudah kita sebar, mereka sudah bisa jaga tanah-tanah di perbatasan, kita bisa mengurangilah,” sambung Wiranto.

Soal landasan hukum atas langkahnya itu, Wiranto mengaku tengah menyiapkannya. Selain itu, nantinya akan dibangun pula kantor hingga asrama untuk menunjang kegiatan pengamanan tersebut.

“Kita nanti akan usulkan ada perubahan undang-undang. Ditotal jumlahnya berapa dan itu membawa apa saja bisa. Ada kelonggaran bahwa bangun satu jenis asrama bukan diganti satu jenis yang sama, tapi digunakan untuk kepentingan lain dalam rangka pembangunan wilayah pinggiran,” ucap Wiranto, seperti yang dikutip dari detikcom.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: