Performa Busi Banyak Kaki

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Busi dengan banyak kaki tidak berarti semuanya akan memunculkan percikan bunga api, tetapi justru muncul secara bergantian. Peran busi sebagai pendukung kombusi, perlu untuk diperhatikan agar kendaraan selalu terjaga dengan performa terbaiknya.

Begitu vitalnya fungsi busi bagi kendaraan maka harus selalu di jaga. Konsumen wajib berhati-hati dengan banyak jenis busi yang beredar di pasaran dan memperhitungkan busi yang pas dengan pemakaian kendaraan.

Busi kaki-tiga merupakan salah satu jenis yang sekarang ini banyak beredar di pasaran. Jenis tersebut bukan berarti ketiga kakinya berfungsi secara berbarengan, tetapi percikan bunga apinya bergantian.

Sedangkan busi dengan satu kaki runcing contonya adalah busi iridium, memiliki percikan bunga api yang lebih fokus ketimbang banyak kaki.

“Biar pun kakinya tiga, dia (kaki-kaki busi) tidak akan ketiga-tiganya nyala besamaan. Bisa diperhatikan, yang nyala hanya satu sisi,” ungkap Amar, selaku pemilik AHASS Asia Motor di Kota Batu, Jawa Timur.

Hal ini di sebabkan aliran utama yang tidak fokus, mengakibatkan sistem arus listrik yang akan mencari hambatan paling rendah.

“Karena dia (arus listrik) akan mencari hambatan terendah. Artinya meskipun kakinya banyak, sebenarnya percuma, karena hanya akan fokus di satu titik (bergantian),” ujar Amar. (Gs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: