Persahabatan Luhut-Prabowo dan Misi Khusus dari Jokowi

(Istimewa)

Luhut Binsar Panjaitan. (Istimewa)

Sketsanews.com, Jakarta – Presiden Jokowi beberapa kali mengutus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan untuk bertemu Prabowo Subianto. Biasanya ada tugas khusus yang diberikan Presiden Jokowi pada Luhut.

Luhut memang dikenal dekat dengan Prabowo. Apalagi keduanya sama-sama pernah berkarier di militer. Berikut ini momen-momen di mana Presiden Jokowi memberikan tugas khusus pada Luhut untuk bertemu Prabowo Subianto:

1. Luhut Telepon Prabowo


Presiden Jokowi mengutus Luhut Binsar Panjaitan untuk menemui Prabowo Subianto setelah Pilpres 2019. Sebab suhu politik menghangat usai hasil hitung cepat lembaga survei yang menunjukkan suara Jokowi-Ma’ruf Amin lebih unggul dibanding Prabowo-Sandi.

Setelah mendapat tugas khusus, Luhut langsung menelepon Prabowo. “Ya memang saya sudah telepon sama Pak Prabowo, bicara per telepon, ya kami kan teman. Bicara baik-baik ketawa-ketawa, ya kita janjian mau ketemu. Hari minggu kemarin tapi kemudian ada masalah teknis beliau agak sakit flu, kita reschedule,” ujar Luhut di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (22/4).

2. Luhut dan Prabowo Pernah Bertemu Sebelum Pilpres


Tidak hanya setelah Pilpres, sebelum pencalonan presiden, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan juga sempat melakukan pertemuan tertutup dengan Prabowo Subianto di Grand Hyatt, Jakarta pada 2018 lalu. Saat itu, Prabowo belum menentukan sikap apakah akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden atau tidak.

Luhut menuturkan, pertemuannya dengan Prabowo adalah hal biasa. Dia tidak membenarkan atau membantah bahwa ada pembicaraan mengenai Pilpres. “Enggak ada (soal Pilpres). Kalaupun ada, masa cerita ke kamu,” tutur Luhut.

3. Jokowi Temui Prabowo di Hambalang


Pada 2016 lalu, situasi politik Indonesia sempat panas. Sebab sempat ada demo besar-besaran di Jakarta. Untuk mendinginkan suhu politik, Presiden Jokowi menemui sejumlah tokoh, salah satunya Prabowo Subianto.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo tak lepas dari peran Luhut. Sebab sebelumnya Presiden Jokowi terlebih dahulu mengutus Luhut untuk melakukan komunikasi agar pertemuan keduanya terlaksana. Akhirnya pertemuan itu berlangsung di Hambalang kediaman, Prabowo. Awalnya, mantan Danjen Kopassus itu menolak dan lebih memilih agar dirinya saja yang menemui Jokowi di Istana. “Tapi akhirnya beliau sepakat juga bahwa Pak Jokowi yang akan pergi ke Hambalang,” ujar Luhut beberapa waktu lalu.

4. Berteman Lebih Dari 30 Tahun


Luhut Binsar Panjaitan dan Prabowo memang berteman puluhan tahun. Luhut bercerita bahwa dia lebih mengenal Prabowo Subianto daripada Joko Widodo (Jokowi). Luhut dan Prabowo sudah saling kenal saat keduanya berkarier di militer. Bahkan Luhut mengaku telah berteman lebih dari 30 tahun dengan Prabowo.

“Saya kenal Pak Prabowo sejak dari pangkat Letnan. Sudah lebih dari 30 tahun kami berteman, walaupun kadang kami berbeda pendapat. Tapi kalau kami sudah bicara tentang NKRI, kami jadi sepakat, kami jadi satu dan kokoh. Kami tidak mau ditawar soal itu,” kata Luhut. (Lis)
Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: