Sketsa News
Home Berita Terkini Persiapan Kafilah Lampung Jelang MTQ Nasional di Medan

Persiapan Kafilah Lampung Jelang MTQ Nasional di Medan

 

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Lampung Hery Suliyanto.membuka training center kafilah MTQ di Asrama Haji Rajabasa, Jumat (1/6/2018). FOTO: HUMAS PEMPROV LAMPUNG

Sketsanews.com, Lampung – Terhitung Jumat (1/6/2018), calon peserta kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Lampung telah mengikuti training center (pemusatan latihan) di Asrama Haji Provinsi Lampung.

Mereka juga akan menjalani seleksi calon peserta untuk mewakili Lampung dalam MTQ Nasional XXVII tahun 2018 yang bakal diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara pada 4-13 Oktober.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Lampung Hery Suliyanto saat membuka training center, mengatakan bahwa MTQ tingkat nasional akan memusabaqahkan tujuh cabang dan 23 golongan yang diikuti oleh 34 provinsi.

Hery menyampaikan kepada para calon kafilah yang akan mengikuti seleksi untuk mengerahkan kemampuannya agar lolos dalam MTQ tingkat nasional. Training center digelar hingga 6 Juni.

“Sehingga pada gilirannya mampu membawa harum nama Provinsi Lampung di kancah nasional,” ujar Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung ini dalam siaran pers yang diterima Rilislampung.id, Jumat (1/6/2018).

Menurutnya, MTQ sebagai wahana untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan tuntunan para peserta sesuai dengan golongannya masing-masing, baik secara teori maupun praktik sekaligus memilih dan menetapkan duta-duta Provinsi Lampung pada even tingkat nasional.

Karenanya, ia meminta tim seleksi untuk melakukan penilaian objektif sehingga dapat menghasilkan peserta yang memiliki kompetensi, pengetahuan dan wawasan mumpuni.

“Ajarkan banyak strategi, berikan trik, evaluasi, sehingga peserta mampu memaksimalkan penampilannya. Kita serahkan sepenuhnya kepada pelatih, para kafilah yang akan bertanding ada ditangan para pelatih, nanti hasilnya para peserta kita beri kepercayaan. Harapannya bisa menorehkan prestasi  terbaik untuk Lampung,” pintanya.

Para peserta yang mengikuti pemusatan latihan dan seleksi kafilah Lampung pada MTQ nasional berjumlah 106 orang. Di antaranya qori-qoriah, hafizh-hafizhoh, mufassir-mufassiroh, regu fahmil quran, grup syahril quran, khotot-khototoh terbaik I dan II MTQ ke-46 tahun 2018 dan terbaik I MTQ ke-45 tahun 2017 tingkat Provinsi Lampung.

Nantinya peserta dengan nilai seleksi tertinggi akan langsung didaftarkan secara online kepada panitia melalui e-MTQ. Jika pendaftaran peserta tertolak oleh aplikasi karena validitas dokumen yang diserahkan, maka akan digantikan oleh peserta dengan nilai di bawahnya.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: