Pesawat Harus Putar Balik Karna Seorang Penumpang Ketinggalan Bayinya

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Sketsanews.com, Jeddah – Di Arab Saudi ada emak-emak naik pesawat, lalu menyadari bayinya ketinggalan di ruang boarding. Pesawat yang sudah terbang pun diminta putar balik.

Ketinggalan suatu barang di bandara mungkin sudah biasa dialami traveler. Tapi kasus yang terjadi di Jeddah, Arab Saudi ini sungguh bikin geleng-geleng kepala. Karena bukan barang yang tertinggal, melainkan seorang bayi, seperti yang dikutip dari detikcom.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (12/3/2019), insiden ini terjadi di pesawat Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV832 yang berangkat dari Jeddah, Arab Saudi menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia pada akhir pekan lalu.

Di tengah perjalanan, seorang wanita berkebangsaan Arab Saudi yang tidak disebutkan identitasnya melapor ke pramugari yang bertugas bahwa bayinya ketinggalan di ruang tunggu Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Laporan ini pun diteruskan kru kabin ke sang pilot. Sang pilot pun meminta izin ke petugas ATC untuk putar balik ke Jeddah. Saat diberikan alasan kenapa pesawat tersebut putar balik, petugas ATC sempat terkejut dan tidak percaya hal tersebut bisa terjadi.

Dalam video pendek berdurasi 1 menit yang beredar viral di beberapa Facebook, Instagram, Youtube dan Twitter, bisa terdengar jelas percakapan antara sang pilot dengan petugas ATC saat meminta izin untuk putar balik.

“Masya Allah. Kita bisa kembali atau tidak?” ujar sang pilot dalam video tersebut.

Sang operator ATC pun menanyakan ke koleganya soal protokol terkait keadaan darurat ini.

“Penerbangan ini meminta untuk kembali, seorang penumpang melupakan bayinya di ruang tunggu bandara. Kasihan,” kata petugas ATC.

Petugas ATC sampai harus menanyakan 2 kali alasan mengapa pesawat SV 832 itu meminta untuk kembali. Sang pilot pun menegaskan bahwa ada penumpang yang ketinggalan bayi dan menolak untuk melanjutkan penerbangan.

“Kami sudah beri tahu, ada seorang penumpang meninggalkan bayinya di terminal dan menolak untuk melanjutkan penerbangan,” tegas sang pilot.

Di video itu, akhirnya petugas ATC memberikan izin bagi pesawat untuk kembali ke Bandara King Abdul Aziz.

“OK, kembali ke gate. Ini kejadian yang baru buat kita!” tutupnya.

Sampai berita ini ditulis, belum ada kelanjutan apakah sang emak-emak pelupa ini berhasil bertemu lagi dengan bayinya yang terlupakan atau tidak. Tapi banyak traveler di medsos yang mengapresiasi keputusan sang pilot untuk putar balik dengan alasan kemanusiaan.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: