Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Pendidikan Bukan Hanya Bakat, Bekal Ini Harus Dimiliki Mahasiswa Agar Siap Masuki Dunia Kerja

Bukan Hanya Bakat, Bekal Ini Harus Dimiliki Mahasiswa Agar Siap Masuki Dunia Kerja

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri saat Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Selasa (22/8/2017).

Sketsanews.com, Bandung — Benarkah bakat sangat menentukan kesuksesan seseorang? Ternyata tidak. Menurut Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri, untuk mencapai kesuksesan, bakat hanya berkontribusi sebesar satu persen.

“Sisanya ditentukan oleh kerja keras,” ujarnya saat memberikan motivasi kepada mahasiswa pada Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Selasa (22/8/2017).

Oleh karenanya, menteri yang akrab disapa MHD ini meminta agar mahasiswa harus membiasakan diri bekerja keras dan disiplin supaya menjadi pribadi yang tangguh dan unggul.

Karakter pekerja keras haruslah melekat pada mahasiswa, agar saat memasuki dunia kerja yang kompetitif, para mahasiswa telah memiliki karakter yang tangguh untuk memenangkan persaingan.

“Kerja keras adalah jalan bagi masa depan kita,” ujar Hanif.

Kepada mahasiswa, Menteri Hanif juga mengingatkan empat hal yang harus ditingkatkan mahasiswa, yakni memperkuat karakter, meningkatkan kompetensi, dan meningkatkan kreativitas. Selain itu, mahasiswa juga harus berorganisasi untuk membangun jaringan.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Dekan FISIP Universitas Padjajaran, R Widya Setiabudi Sumadinata.

“Mahasiswa tidak cukup hanya belajar, tapi juga harus mengikuti kegiatan non kurikuler lainnya dan berorganisasi,” ungkap Widya, dikutip dari Tribunnews.

(Ad)

%d blogger menyukai ini: