Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Kacau! 8 Ribu Jamaah Haji DKI Hanya Makan Dua kali Sehari

Kacau! 8 Ribu Jamaah Haji DKI Hanya Makan Dua kali Sehari

Ilustrasi Jamaah Haji (JawaPos.com)

Sketsanews.com, Jakarta — Jamaah haji asal DKI Jakarta dikabarkan kekurangan jatah makan di Tanah Suci. Kabar tidak menyenangkan tersebut sampai kepada Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat Rabu (30/8) sore.

Jamaah yang berjumlah 8 ribu itu hanya makan sebanyak dua kali setiap harinya. Padahal, seharusnya tiga kali, karena mereka membutuhkan tenaga dan energi ekstra untuk menjalankan ibadahnya.

“Iya tuh, baru aja ditelepon sama Pak Pras (Ketua DPRD DKI Jakarta) dari sana. Nanti saya akan cek siapa penanggung jawabnya,” ujar Djarot kepada JawaPos.com di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (30/8).

Berdasarkan kabar yang didengarnya, dalam 39 hari selama di Tanah Suci, jamaah hanya diberi makan selama 12 hari, sementara sisa hari lain mereka harus mencari dan memasak sendiri.

“Gak boleh tuh begitu. Saya baru dengar juga, nanti saya minta pertanggung jawabannya,” ketus Djarot.

Dia juga akan memastikan terlebih dahulu, apakah kejadian merugikan tersebut hanya terjadi kepada jamaah haji asal DKI saja, atau semua jamaah Indonesia.

“Iya disana kan ada Pak Sekda (Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah), mau ditanya dulu apakah hanya DKI atau semuanya,” terang dia.

Kepada Djarot, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyampaikan bahwa selain kurangnya jatah makan, jamaah juga mengeluhkan jauhnya pondok menuju Masjidil Haram, karena tidak sedikit jemaah berusia sepuh sehingga sangat berisiko dan tidak baik bagi fisiknya.

Baik Djarot maupun Pras, berencana memanggil serta mengevaluasi penanggung jawab jamaah haji DKI Jakarta agar peristiwa serupa tak terulang pada tahun-tahun berikutnya.

(Ad)

%d blogger menyukai ini: