Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Keajaiban Medis, Tangan Wanita yang Putus Ini Berhasil Disambung Kembali

Keajaiban Medis, Tangan Wanita yang Putus Ini Berhasil Disambung Kembali

Berkat penanganan medis ekstra cepat, tangan seorang wanita yang putus setelah ditabrak kereta bisa tersambung kembali. Begini kisahnya: Foto: thinkstock

Sketsanews.com, Jakarta — Sebuah kecelakaan mengerikan dilaporkan terjadi di Chambery, Perancis. Seorang wanita berusia 30 tahun tak sengaja jatuh di atas rel kemudian terlindas oleh kereta yang membuat kedua tangannya putus mulai dari siku ke atas.

Namun yang membuat kisah kecelakaan ini menarik adalah secara ajaib tangan sang wanita berhasil dipasang kembali oleh dokter. Hal ini disebut tim yang menjalankan operasi berkat kecepatan penanganan yang diberikan kepadanya.

Segera setelah putus tangan sang wanita dibungkus dengan bahan steril lalu didinginkan menggunakan es. Dengan demikian kecepatan jaringan yang mati akibat berhentinya suplai darah bisa dikurangi.

Operasi dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2017, sekitar satu jam 50 menit setelah insiden terjadi. Ada dua tim di Centre Hospitalier Universitaire Grenoble Alpes yang melakukan operasi selama total empat jam.

“Kecepatan yang dimiliki para penyedia layanan darurat dan ketrampilan tim medis lah yang memungkinkan kedua tangan pasien bisa disambung kembali. Hal ini memberikannya kemungkinan terbaik untuk cepat pulih karena bila terlalu banyak keterlambatan bisa menimbulkan kerusakan permanen,” tulis pihak rumah sakit seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/8/2017).

Salah satu ahli bedah yang terlibat, Michael Bouyer, mengatakan kasus seperti yang dialami sang wanita merupakan kejadian langka. Biasanya akan sangat sulit bagi pembedah untuk menyambungkan kembali otot, tulang, saraf, dan pembuluh darah yang putus.

“Untuk saat ini ototnya masih belum bisa aktif kembali secara penuh jadi mungkin beberapa gerakan akan sulit dilakukan pasien terutama pada tangannya. Tapi ini masih lebih baik dibandingkan harus memakai tangan palsu,” ungkap Michael.

Sang wanita diperkirakan dapat sembuh bisa normal kembali menggunakan tangannya dalam waktu satu atau dua tahun.

(Ad)

%d blogger menyukai ini: