Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Pendidikan Mahasiswa Jepang Terkesan Tradisi Kurban

Mahasiswa Jepang Terkesan Tradisi Kurban

Panitia menyiapkan daging kurban untuk dibagikan di Masjid Fajar Baitullah, Rawapanjang, Bojonggede, Bogor, Senin (12/9).

Sketsanews.com, Surabaya — Mahasiswa Jepang terkesan tradisi pembagian daging kurban pada Hari Raya Idul Adha saat membantu membungkus daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat di Universitas Dr Soetomo Surabaya, Jumat (1/9). Empat mahasiswa itu Konomi Saito, Asao Kanako, Nozomi Kishishita, dan Minami Senoo yang berasal Setsunan University, Osaka, Jepang. Keempatnya mahasiswa yang belajar Bahasa Indonesia sebagai bagian dari kerja sama antara Unitomo dan Setsunan University, Jepang.

Salah satu mahasiswa Jepang Konomi Saito usai membantu membungkus daging kurban mengaku terkesan dengan budaya membagikan daging ke masyarakat. “Di Jepang tidak ada yang seperti ini, kalau menginginkan daging harus beli,” ujar Konomi.

Dosen Fakultas Sastra Prodi Sastra Jepang Unitomo Rahardian Dwi Nugroho saat mengatakan keempat mahasiswa itu sengaja diajak membantu membungkus daging kurban sebagai bagian pengajaran terutama untuk berbagi ke sesama yang membutuhkan.

“Mereka awalnya jijik melihat daging mentah, bisa dimaklumi karena masih pertama kalinya melakukan yang seperti ini,” ujar Rahardian.

Meski awalnya jijik, Rahardia mengatakan Konomi dan kawan-kawan bersemangat melakukan arahan untuk membantu membungkus daging kurban. “Lama-lama mereka akan terbiasa dan tidak seberapa jijik lagi,” kata dia, dikutip dari Republika.

Menurut rencana, keempat mahasiswa ini akan belajar di Fakultas sastra Unitomo selama enam bulan. Di akhir masa kuliahnya mereka akan membuat laporan tugas akhir berupa makalah berbahasa Indonesia tentang kekayaan budaya di Indonesia khususnya Jawa Timur.

(Ad)

%d blogger menyukai ini: