Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Mengapa Masih Bau Badan Meski Sudah Mandi?

Mengapa Masih Bau Badan Meski Sudah Mandi?

Mengapa Masih Bau Badan Meski Sudah Mandi?

Sketsanews.com, Jakarta — Mandi adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk membersihkan bakteri penyebab bau badan. Mandi juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, mengapa badan masih mengeluarkan bau tak sedap padahal sudah mandi secara teratur?

Setidaknya ada empat hal yang dapat menimbulkan bau badan, mulai dari faktor psikologis sampai kebiasaan makan, seperti dijabarkan di bawah ini:

  1. Anda terlalu stres 

    Merasa sangat tertekan atau stres ternyata dapat memicu bau badan. Tubuh biasanya akan menghasilkan lebih banyak keringat saat Anda stres. Keringat yang muncul saat Anda merasa cemas dan tertekan akan ‘mengundang’ bakteri yang ada di kulit untuk berpesta.

    Keringat yang membanjir saat Anda stres biasanya mengandung lemak yang akan dimanfaatkan oleh bakteri di kulit. Bakteri akan memecahkan lemak dalam keringat dan mengubahnya menjadi asam. Proses inilah yang menimbulkan bau busuk, yang seolah keluar dari tubuh Anda.

  2. Tidak menjemur handuk 

    Menurut Marina Peredo, MD, dermatologis di Smithtown, New York, handuk mandi yang tidak rutin dijemur bisa menyebabkan bau badan. Sebab, handuk yang dibiarkan lembap dapat menjadi sarang bakteri. Saat Anda menggunakannya berulang-ulang, tanpa sekalipun menjemurnya, bakteri-bakteri itu akan berpindah ke kulit Anda.

    Bakteri yang terjebak di lipatan kulit dan area lain itulah yang akan membuat tubuh Anda benar-benar bau. Cegahlah hal ini dengan menjemur handuk untuk mandi di bawah sinar matahari.

  3. Penyuka makanan pedas

    Jika Anda penyuka makanan pedas, bersiaplah untuk mengalami bau badan. Pasalnya, makanan berbumbu tajam seperti kari, bawang putih, dan beberapa jenis rempah dapat menyebabkan bau badan.

    Saat dicerna tubuh, makanan dengan bumbu-bumbu tersebut akan menghasilkan gas yang menimbulkan bau tak sedap. Menurut Debra Jaliman, MD, dermatologis di New York, efek ini biasanya dapat bertahan selama beberapa jam.

  4. Terlalu banyak minum alkohol 

    Bau badan bisa juga terjadi karena konsumsi alkohol berlebihan. Ketika Anda terlalu banyak minum alkohol, tubuh akan melepaskan alkohol yang tak tercerna melalui pori-pori kulit. Saat bertemu dengan keringat dan bakteri di kulit, sisa dari konsumsi alkohol yang berlebihan ini akan memperparah bau badan Anda.

Nah, agar Anda terhindar dari bau badan, Anda memang perlu rajin mandi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Selain itu, hindarilah kebiasaan-kebiasaan di atas yang bisa menjadi pemicu munculnya bau badan.

Sumber : Klikdokter

(Ad)

%d blogger menyukai ini: