Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Mengungkap Fakta di Balik Batu Ginjal Berulang

Mengungkap Fakta di Balik Batu Ginjal Berulang

Mengungkap Fakta di Balik Batu Ginjal Berulang

Sketsanews.com, Jakarta — Batu ginjal adalah momok yang menakutkan bagi semua orang. Karena kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang menjalar dari pinggang ke bawah, hingga membuat panas dingin.

Meski sudah dilakukan tindakan pengobatan, tak jarang keluhan batu ginjal kembali datang menyerang. Ya, hampir setengah dari jumlah orang yang menderita batu ginjal dapat mengalami keluhan yang berulang untuk kesekian kalinya.

Batu ginjal terjadi ketika bahan kimia tertentu menjadi jenuh dan terkonsentrasi di dalam ginjal, hingga akhirnya membentuk kristal. Seiring waktu, kristal ini dapat tumbuh semakin besar dan menimbulkan rasa nyeri.

Kristal tersebut dapat terbentuk dari beberapa jenis bahan kimia. Penyebab batu ginjal yang paling sering adalah kristal kalsium oksalat. Namun, tidak menutup kemungkinan batu ginjal yang terjadi adalah akibat asam urat dan kalsium fosfat.

Agar lebih jelas, berikut uraiannya:

  1. Batu Ginjal Akibat Kalsium Oksalat

    Bagi Anda yang memiliki batu ginjal jenis kalsium oksalat, akan sangat baik jika Anda menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang mengandung oksalat. Makanan tersebut, antara lain bit, cokelat, bayam, teh, asparagus, seledri, dan kacang-kacangan.

    Selain itu, Anda juga harus lebih berhati-hati kerap mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar. Ini karena tubuh dapat mengubah vitamin C menjadi oksalat.

  2. Batu Ginjal Akibat Asam Urat

    Asam urat tidak hanya menyerang sendi kaki, tapi juga dapat menyebabkan batu ginjal. Oleh karena itu, pastikan Anda mengurangi atau menghindari makanan yang mengandung tinggi purin seperti jeroan, daging merah, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol.

  3. Batu Ginjal Akibat Kalsium Fosfat

    Batu kalsium fosfat memang lebih jarang terjadi. Namun apabila Anda memilikinya, hindarilah minuman yang bersoda agar batu ginjal tidak datang kembali.

Selain yang sudah disebutkan, Anda juga perlu mengonsumsi air putih paling tidak 2 liter per hari untuk mencegah batu ginjal berulang. Selain itu, Anda juga wajib mengurangi makanan yang terlalu asin, karena garam dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

Sekarang Anda sudah tahu sedikit banyak tentang batu ginjal, dan mengapa keluhan ini kerap terjadi berulang. Ingatlah untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, menjauhi rokok dan minuman beralkohol. Dengan gaya hidup yang tepat, batu ginjal pun lewat!

Sumber : Klikdokter

(Ad)

%d blogger menyukai ini: