Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Peristiwa Pertama kali diberlakukan, CFD Buncit dipenuhi warga berolahraga

Pertama kali diberlakukan, CFD Buncit dipenuhi warga berolahraga

Car Free Day Buncit. ©2017 Merdeka.com

Sketsanews.com, Jakarta — Kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD) di daerah Jakarta Selatan dipenuhi oleh warga yang ingin berolahraga atau sekadar bermain. Terlihat banyak warga yang antusias dengan kegiatan yang baru diadakan beberapa hari ini.

Salah seorang warga yang ikut kegiatan CFD, Weni (40) mengaku baru mengetahui ada CFD di kawasan Jakarta Selatan ini. Ia menuturkan senang menghabiskan akhir pekannya dengan kegiatan ini karena lokasi yang cukup dekat dengan rumah.

Car Free Day Buncit ©2017 Merdeka.com

“Seneng deket dari rumah, biasanya kalau mau kayak gini (CFD) harus ke Monas dulu,” katanya saat melakukan CFD di Jakarta Selatan, Minggu(27/8).

Terlihat juga warga yang memakai sepeda dan mengikuti senam aerobic di kawasan Jakarta Selatan ini. Kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh pedagang, yang berjualan dari daerah Pejaten hingga Mampang Prapatan.

Car Free Day Buncit ©2017 Merdeka.com

Salah satu pengunjung, Haryo (30) mengatakan kegiatan CFD di kawasan Jakarta Selatan cukup bagus, walaupun tidak seluas di daerah Sudirman.

“Enggak kayak di Sudirman, jalannya kurang lega (kurang luas). Tapi lumayan deket dari rumah, seru juga seperti di Sudirman,” kata Haryo, dikutip dari Merdeka.

CFD akan diberlakukan tepatnya di Jalan Mampang Prapatan Raya (Simpang KFC) sampai Jalan Warung Jati Barat (Pejaten Village). Kegiatan akan dimulai pada pukul 06.00-11.00 WIB.

Car Free Day Buncit ©2017 Merdeka.com

Terdapat pengalihan arus Kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya TransJakarta. Berikut ini merupakan lalu lintas adanya kegiatan CFD di Mampang-Pejaten:

1. Kendaraan yang berasal dari arah utara (Kuningan) yang akan menuju Selatan (Ragunan) dialihkan menuju ke Jalan Duren Tiga Raya – Jalan Raya Pasar Minggu – Jalan Raya Ragunan.

2. Kendaraan yang berasal dari arah selatan (Ragunan) yang akan menuju utara (Kuningan) dialihkan menuju Pejaten Barat – Jalan Kemang Selatan – Jalan Kemang Raya – Jalan Bangka Raya – Jalan Kapten Tendean.

3. Untuk angkutan umum metromini S75 (Blok M – Pasar Minggu) setelah melalui Jalan Kapten Tendean menuju Jalan Mampang Prapatan dibelokkan menuju Jalan Duren Tiga – Jalan Raya Pasar Minggu dan menuju Pasar Minggu.

4. Untuk angkutan umum TransJakarta masih tetap dapat melintas dengan menggunakan jalur khusus busway.

5. Suku Dinas Perhubungan Kota Adm Jakarta Selatan akan menempatkan petugas plotingan sebanyak 75 orang pada 35 titik di sepanjang lokasi kegiatan HBKB.

6. Untuk kendaraan yang mengantar orang sakit (emergency) yang berasa di atas jalur HBKB diberi pengecualian.

Bagi pengguna angkutan umum mikrolet S75 (Blok M – Pasar Minggu) juga diimbau untuk tidak mengambil rute awal. Berikut rute alternatifnya:

Blok M – Jl Iskandarsyah – Jl W Monginsidi – Jl Kapt Tendean – Jl Mampang Prapatan Raya – Jl Duren Tiga Raya – Jl Raya Pasar Minggu – Terminal Pasar Minggu

Terminal Pasar Minggu – Jl Raya Pasar Minggu – Jl Duren Tiga Raya – Jl Mampang Prapatan Raya – Jl Kapt Tendean – Jl W Monginsidi – Jl Trunojoyo – Blok M.

(Ad)

%d blogger menyukai ini: