Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Sudah Benarkah Cara Anda Menggunakan Mouse?

Sudah Benarkah Cara Anda Menggunakan Mouse?

Sudahkah Benarkah Cara Anda Menggunakan Mouse?

Sketsanews.com, Jakarta — Pekerjaan mengharuskan Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop? Apakah Anda hobi bermain online game? Jika ya, tentu mouse menjadi teman setia Anda sehari-hari.

Namun, sebaiknya Anda lebih waspada. Mouse (dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai tetikus) yang digunakan terus-menerus secara tidak tepat dapat sebabkan peradangan pada siku dan lengan. Kondisi peradangan ini disebut dengan epikondilitis lateral (mouse elbow).

Mouse elbow sering dipicu oleh stres berulang pada lengan bagian bawah (antara siku dan pergelangan tangan), seperti mengklik dan menggerakkan mouse berulang. Gejalanya bisa berupa nyeri pada bagian luar siku dan lengan.

Saat menggerakkan mouse, otot lengan Anda akan mengalami kontraksi dalam jangka waktu yang lama. Bila dibiarkan, otot lengan Anda akan terasa nyeri berkesinambungan dan kekuatan genggaman dapat menurun.

Selain penggunaan mouse, mengetik berulang pada keyboard komputer juga dapat menyebabkan kondisi yang sama.

Untuk mencegah gangguan kesehatan akibat penggunaan mouse, Anda dapat melakukan empat hal ini:

  • Atur meja kerja 

    Letakkan mouse di dekat Anda untuk meminimalkan jangkauan dan mengurangi beban otot lengan.

  • Pastikan lengan tersangga dengan baik

    Saat menggunakan mouse, pastikan lengan Anda tersangga dengan baik di atas meja dan tidak menggantung. Agar lebih nyaman, Anda dapat meletakkan alas atau bantal tipis di bawah lengan.

  • Gunakan tak hanya pergelangan tangan tetapi juga lengan 

    Saat menggerakkan mouse, gunakan lengan Anda, tak hanya pergelangan tangan. Pilihlah mouse yang berukuran pas dengan tangan Anda dan setipis mungkin untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan. Hindari menggenggam mouse terlalu kuat atau memberikan tekanan berlebih.

  • Berdiri dan lakukan peregangan

    Hindari terus-menerus di depan laptop atau menggunakan mouse. Cobalah untuk bergerak setiap 30–60 menit ketika Anda harus bekerja dengan postur yang statis. Tak hanya baik untuk penglihatan dan kesehatan jantung, hal ini baik untuk memberikan jeda sejenak pada otot dan pikiran Anda.

Nah, mulai saat ini, jangan sepelekan saat menggunakan mouse ketika Anda bekerja dengan laptop. Bila Anda telanjur mengalami nyeri pada lengan atau mouse elbow, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan.

Sumber : Klikdokter

(Ad)

%d blogger menyukai ini: