Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Tangkal Diabetes dengan Pola Hidup Sehat

Tangkal Diabetes dengan Pola Hidup Sehat

Tangkal Diabetes dengan Pola Hidup Sehat

Sketsanews.com, Jakarta — Menurut American Diabetes Association, diabetes mellitus ditandai dengan kadar gula dalam darah yang meningkat melebihi batas normal.

Jika terus-menerus terjadi, kondisi ini dapat memicu kerusakan berbagai organ –seperti mata, ginjal, jantung, dan menganggu organ reproduksi. Karena itu, diabetes tidak boleh dianggap sepele.

Expert Committee on Diagnosis and Classification of Diabetes Mellitus mengategorikan kelompok individu yang rentan terkena diabetes.

Mereka adalah orang-orang yang mengalami obesitas, serta memiliki tekanan darah dan kadar profil lemak darah yang tinggi.

Menurut dr. Jessica Florencia, kondisi-kondisi tersebut harus dihindari untuk mencegah diabetes. Hal yang pasti perlu dilakukan adalah dengan menjaga asupan yang sehat serta olahraga secara teratur.

Menjaga asupan yang sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, serta rendah gula dan lemak. Seperti dimuat di dalam jurnal Obesity Reviews, 2009, konsumsi gula berlebih sangat berkaitan dengan berkembangnya penyakit diabetes.

Selain diet sehat, olahraga juga memegang peranan penting. American College of Sports Medicine and the American Diabetes Association telah sepakat merekomendasikan aktivitas fisik sebagai salah satu modal untuk mencegah berkembangnya diabetes.

Kata dr. Jessica, olahraga dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah, menjaga kadar lemak dalam darah, mengendalikan tekanan darah, serta mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Jadi, jangan kaget jika dokter meresepkan olahraga dan diet sehat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan pada tubuh Anda.

Pasalnya, seperti dimuat di dalam International Journal of Clinical Practice, 2011, diet sehat dan olahraga adalah fondasi hidup sehat.

Anda sebaiknya berolahraga 150 menit dalam satu minggu. Jangan lupa, berusahalah juga untuk mengendalikan asupan gula agar tidak melebihi empat sendok makan per hari.

Bagaimana cara mengendalikan asupan gula agar tak berlebih? Caranya adalah dengan memilih jenis makanan dan minuman yang tepat. Misalnya, Anda bisa memilih kopi rendah gula untuk menemani waktu sarapan.

Tak sulit ‘kan untuk menjalani pola hidup sehat? Ingat, melakukannya dengan disiplin akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit, seperti diabetes. Ayo, tangkal diabetes dengan olahraga dan diet sehat.

Sumber : Klikdokter

(Ad)

%d blogger menyukai ini: