Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Pindad Targetkan Mampu Produksi 100 Medium Tank di 2019

Pindad Targetkan Mampu Produksi 100 Medium Tank di 2019

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Ade Bagdja. Foto/Arif Budianto

Sketsanews.com, Bandung – PT Pindad (Persero) menargetkan membuat 100 unit medium tank yang saat ini masih dalam proses pengujian. Selain untuk memenuhi kebutuhan TNI, tank tersebut juga bakal di ekspor.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Ade Bagdja mengatakan, setelah medium tank Pindad menjalani serangkaian pengujian dan sertifikasi, Pindad akan memproduksi massal pada 2019.

“Setelah ini selesai disertifikasi, akan dilanjutkan produksi. Sertifikasi fokus pada mobilitas dan daya gempur. Bagaimana mobilitas dan kemampuannya menggempur musuh,” kata Ade seusai seminar uji ledak ranjau medium tank Pindad di Grha Pindad, Kota Bandung, seperti yang dikutip dari Sindonews, Jumat (12/7/2018).

Menurut dia, dalam satu tahun Pindad mampu membuat medium tank hingga 100 unit. Namun kapasitas maksimal itu bisa berjalan bila tak ada order kendaraan tempur lainnya. “Lini produksi sudah siap. Mesin berukuran besar akan datang akhir 2018,” ujar dia.

Selain mengandalkan lini produksi sendiri, Pindad juga akan melibatkan sekitar 50 usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memproduksi komponen tertentu. Bila nantinya diproduksi dalam skala besar, diperkirakan akan ada 100 UKM yang terlibat.

“Medium tank ini akan kami improve terus. Sehingga mungkin akan berbeda dengan yang kita buat di Turki. Tetapi intinya kami akan berusaha memenuhi semua spesifikasi yang dibutuhkan TNI. Bila semua terpenuhi, kami yakin medium tank Pindad akan menjadi yang terbaik di kelasnya,” pungkas dia.

Soal proyeksi, TNI diperkirakan akan mengganti tank AMX yang saat ini sudah tua. Diperkirakan ada 400 tank yang perlu diganti. Selain itu, ada negara tetangga yang siap melakukan pemesanan. Namun Ade belum bisa menyebut nama dan kebutuhan negara tersebut.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: