Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News PLN Akan Bangun PLTG 40 MW di Manokwari

PLN Akan Bangun PLTG 40 MW di Manokwari

ilustrasi. (Foto: Okezone.com)
ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

Sketsanews.com, Manokwari – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) berkapasitas 40 megawatt (MW) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

General Manager PLN Area Manokwari, Sulisiono mengatakan pembangunan PLTG yang berlokasi di wilayah Sowi, Distrik Manokwari Selatan ini akan berlangsung dalam dua tahap.

“Tahap pertama akan dilaksanakan tahun 2018 ini, untuk kapasitas 20 MW, tahap kedua (20 MW lagi) akan dibangun berikutnya. Untuk tahap pertama sudah selesai dilelang di PLN pusat dan sepertinya sudah ada kontraktor yang menang,” katanya di Manokwari, Sabtu (23/6/2018).

Sulisiono mengatakan kebutuhan bahan bakar gas PLTG tersebut akan dipasok dari BP Tangguh di Teluk Bintuni. Sementara sarana dan prasarana lain seperti pelabuhan akan dipersiapkan untuk mendukung pasokan gas menuju PLTG ini.

“Namun, pada tahap awal ini kami akan menggunakan BBM (bahan bakar minyak) dulu sampai infrastruktur dan pasokan gas siap didatangkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bahan bakar gas lebih efisian dibanding minyak, sehingga diharapkan infrastruktur lain segera disiapkan agar gas bisa masuk ke PLTG tersebut. Menurut dia, PLN terus berusaha meningkatkan stok daya listrik dengan membangun pembangkit di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

“Ini bagian dari program Nawacita, program Indonesia Terang dan program Papua Terang. Bapak Presiden Jokowi menginginkan seluruh pelosok di Papua dan Papua Barat ini teraliri listrik,” ucapnya.

Sulisiono juga mengutarakan, saat ini beban puncak listrik di wilayah Manokwari berkisar antara 21 MW hingga 25 MW per hari. Sementara, stok yang tersedia sudah mencapai 32 MW, dengan demikian PLN Manokwari mengalami surplus sembilan MW.

Menurut dia, saat ini pasokan listrik di Manokwari berasal dari PLN dan perusahaan swasta, PT SDIC Papua Sement Indonesia. Dengan begitu, PLN Manokwari mampu mencukupi kebutuhan listrik di Manokwari.

“Apalagi, kalau pembangkit baru berbahan gas ini nanti sudah beroperasi, maka pasokan tentu akan lebih lancar dan mendukung kebutuhan dunia usaha atau investasi di Manokwari,” ujarnya. (wal/iNews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: