Polisi Ringkus 15 Pelaku Pencurian Besi Kapal Tongkang

Sketsanews.com ,Pacitan – Jajaran kepolisian Resort Pacitan berhasil meringkus 15 pelaku pencurian serta satu orang penadah besi bekas kapal tongkang, yang karam di perairan Ngadirojo Pacitan. Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah mobil pengangkut dan potongan besi seberat 3 ton.

15 tersangka asal Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, yang berhasil di ringkus oleh jajaran Kepolisian Resort Pacitan, atas dugaan kasus pencurian besi bekas  kapal tongkang milik salah satu PT di Pacitan, yang karam di pantai Cetaan Kecamatan Ngadirojo Pacitan, seperti dikutip dari pojokpitu.

AKP Imam Buchori, Kasat Reskrim Polres Pacitan, menjelaskan, pencurian terjadi ketika pemilik kapal tongkang melakukan pemotongan badan kapal yang karam, untuk di angkat ke permukaan laut yang dilakukan oleh sejumlah pekerja mereka.

“Namun ketika proses pemotongan tersebut, 15 tersangka yang merupakan pekerja ini menyisihkan sebagian potongan besi untuk di jual sendiri tanpa sepengetahuan pemilik kapal,” jelas AKP Imam Buchori.

Mengetahui hal ini atas laporan salah satu masyarakat di sekitar lokasi, pemilik kapal langsung melaporkan aksi yang di lakukan oleh para pekerja mereka ke Satuan Reserse Kriminal Polres Pacitan, dan langsung di lakukan penangkapan.

Selain itu, polisi juga mengumpulkan sejumlah barang bukti, diantaranya  potongan besi kapal tongkang seberat 3 ton, serta satu buah mobil engkel bernopol AE 8804 XM yang digunakan pelaku untuk mengangkut potongan besi tersebut.

Dihadapan polisi para tersangka mengaku, aksi pencurian ini sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu. Saat kapal tersebut mulai karam, mereka mengaku besi yang berhasil  di curi sudah mencapai berat hingga 7 ton.

Sementara itu, kini polisi juga menahan salah satu  penadah besi curian tersebut. Atas tindakannya ini para pelaku di kenai pasal 363 dengan pemberatan ancaman 7 tahun kurungan penjara.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: