Polres Jakut Kirim 150 Personel Kawal Pilkada di Bekasi

Foto: Ilustrasi pengamanan polisi. (Grandyos Zafna-detikcom)

Foto: Ilustrasi pengamanan polisi. (Grandyos Zafna-detikcom)

Sketsanews.com, Jakarta – Jajaran kepolisian Polda Metro Jaya yang wilayahnya tidak menyelenggarakan pemilihan diperbantukan untuk mengamankan Pilkada serentak 2018. Polres Jakarta Utara, misalnya, mengirimkan personel untuk ikut mengawal pencoblosan di Bekasi.

“Kalau dari Polres Jakarta Utara yang dikirim BKO ke Polda kemudian dari Polda didistribusikan ke Polres Metro Bekasi 150 anggota,” ujar Wakapolres Metro Jakut AKBP Adi Vivid Bachtiar, seperti yang dikutip dari detikcom, Rabu (27/6/2018).

Adi mengatakan pihaknya telah mengerahkan anggotanya sejak Senin (25/6) kemarin. Personel akan melakukan pengamanan hingga Kamis (28/6) besok.

150 Personel tersebut disebar ke beberapa temat pemungutan suara (TPS) di Kota/Kabupaten Bekasi. Personel mengamankan proses mulai dari pendistribusian kotak suara hingga perhitungan suara dan pendistribusian hasil perhitungan suara kembali ke KPPS.

“Nanti dari sana mereka langsung disebar ke TPS, jadi insert ke TPS-TPS. Nah yang mendistribusikan dari Polres Metro Bekasi,” ucapnya.

Pengamanan pun, jelas Adi, dilakukan secara terbuka. Semua angota memakai seragam sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

“Gabungan dari Polsek, Polres, Reskrim, tapi semua polisi berseragam artinya pengamanan terbuka. Sesuai SOP, misalnya ada anggota yang SOP-nya membawa senjata ya mereka bawa senjata. Jadi senjata tidak dibagi-bagikan dalam rangka pengamanan tidak,” ucapnya.

Sementara untuk di wilayah Jakarta Utara sendiri tidak ada pengamanan secara ketat. Namun, polisi akan terus bersiaga untuk mengantisipasi perkembangan pada pilkada esok.

“Kalau di Jakarta Utara sendiri tidak ada pengamanan karena tidak ada Pilkada. Kita standby saja kalau misalnya ada perkembangan situasi kita membackup wilayah yang ada pilkada,” tuturnya.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: