Polri Tegaskan Komjen Iriawan akan Profesional dan Netral

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) memasang tanda pangkat kepada pejabat sementara Gubernur Jawa Barat, Komjen M. Iriawan (kanan), saat pelantikan di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Senin, 18 Juni 2018. Kementerian Dalam Negeri menunjuk Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) M. Iriawan sebagai pejabat sementara Gubernur Jawa Barat. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sketsanews.com, Jakarta – Polri meyakini Komjen M Iriawan yang diangkat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat akan bekerja profesional. Hal itu karena Iriawan tak lagi mengisi jabatan struktural di Polri, ia telah diberi tugas di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas).

“Yang jelas Polri yakin bahwa beliau akan profesional dan netral sesuai dengan peradaban beliau selama di Polri. Sekarang kan beliau sudah di Lemhanas. Insya Allah beliau bisa melaksanakan amanah dengan baik, netral,” kata Kabag Penum Divisi Humas Pikir Kombes Syahar Diantono, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (20/6/2018).

Ia menambahkan penunjukan Iriawan sebagai PJ Gubernur sesuai dengan undang-undang. Karena pengangkatan tersebut merupakan kewenangan Mendagri.

“Beliau sudah di Lemhanas dan itu kewenangan dari pemerintah dalam hal ini Kemendagri. Jadi sudah di luar Polri. Pasti kita yakin itu sudah sesuai dengan Undang-undang,” imbuhnya.

Seperti dikutip Detikcom, Mendagri Tjahjo Kumolo resmi melantik Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat di Gedung Merdeka, Senin (18/6) pagi. Pelantikan Iriawan tersebut sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 dan pengangkatan Pj gubernur.

Pelantikan Iriawan itu pun menuai pro-kontra. Ada pihak yang khawatir Iriawan tidak bersikap netral di Pilkada Jabar nantinya.

(bin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: