PPP: Setia dengan Pasangan Jadi Cara Mudah Hindari HIV AIDS

Foto: Reuters

Sketsanews.com, Jakarta – Memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember kemarin, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP, Kartika Yudhisti, angkat bicara seputar fenomena penyebaran HIV/AIDS di Indonesia.

Menurutnya, penyebaran HIV/AIDS saat ini terjadi nyata di tengah masyarakat Indonesia. Ia mengungkapkan, penyakit ini sebenarnya mudah dihindari jika suami-istri setia kepada pasangan masing-masing.

“Saat ini, menurut data Kemenkes, kelompok orang yang banyak terkena penyebaran HIV/AIDS itu adalah kalangan ibu rumah tangga. Dan sebagian besar ibu rumah tangga ini tertular dari suaminya,” kata Kartika dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/12/2018).

Penyebaran tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan risiko ibu hamil yang mengidap virus HIV. Maka anak-anak yang terlahir pun akan terkena virus HIV/AIDS.

Melihat fenomena tersebut, Kartika meminta setiap orang menerapkan perilaku seks yang bertanggung jawab dan setia kepada satu pasangan. Selain itu, lakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bebas virus HIV AIDS secara berkala.

Tak lupa, memastikan agar menggunakan jarum suntik yang baru atau steril dalam tindakan medis dan tidak menggunakan narkoba.

“Harus ada perubahan stigma negatif di masyarakat agar ada kesadaran diri untuk memeriksakan diri apakah terjangkit virus atau tidak. Penyebaran virus ini banyak terjadi karena pembawa virus tidak sadar dia terjangkit sehingga melakukan aktivitas-aktivitas yang menularkan virus tersebut,” paparnya.

Sementara itu, interaksi dengan orang dengan HIV/AIDS (ODHA), diungkapkannya, aman karena penularan hanya melalui cairan tubuh, seperti darah dan cairan sperma. (sdq/dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: