Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hukum, News Pura-pura Tawari Pekerjaan, Pria ini Bawa Kabur Motor Warga Depok

Pura-pura Tawari Pekerjaan, Pria ini Bawa Kabur Motor Warga Depok

Foto: Matius Alfonso/detikcom

Sketsanews.com, Depok – Solikhin (40) ditangkap Polsek Cimanggis karena menggelapkan motor seorang warga. Modusnya dengan berpura-pura menawarkan pekerjaan kepada korban, Poniri warga Jatijajar, Cimanggis, Depok.

Kapolsek Cimanggis Kompol Suyud mengatakan, Solikhin telah melakukan penggelapan motor dengan modus serupa sebanyak puluhan kali. Selain di Depok, Solikhin juga melancarkan aksinya di Jakarta.

“Di Depok kurang lebih 16-an (TKP), di Jakarta juga ada, (Jakarta) Barat ada 3, (Jakarta) Selatan 2, (Jakarta) Utara 5, (Jakarta) Timur 5. Total 30-an motor sudah diambil,” ungkapnya.

Solikhin berkeliling mencari sasaran. Dia mendekati sasaran yang potensial, seperti ibu-ibu atau remaja, kemudian mengajaknya ngobrol.

‘Di TKP ini si Solikhin datang ke rumah ibu Poniri, di depan anaknya sedang cuci motor ditanya, diajakkin cari kerja karena rumah orang tuanya mau dijual. Kemudian mereka (pelaku dan anak korban) boncengan pakai motor tersebut,” ungkapnya.

Anak korban kemudian dibawa ke suatu tempat. Di situ, pelaku meminta anak korban untuk turun dari motor, sementara pelaku meminjam motornya dengan alasan hendak menemui bos perusahaan di tempat si korban bekerja nanti.

“Kemudian korban percaya begitu saja sampai akhirnya pelaku tidak kembali datang dengan motor korban, baru korban menyadarinya,” ungkapnya.

Motor hasil penggelapan itu kemudian dijual kepada rekannya, Aden. Aden juga ditangkap karena menjadi penadah motor hasil kejahatan.

Polisi awalnya menangkap Aden pada Kamis (12/7) malam. Aden tertangkap setelah korban melihat motor miliknya ada di rumah Aden.

“Iya jadi si korban ini sempat keliling lah, lalu melihat motornya yang pernah dicuri, hapal benar ini korban dengan motornya, lalu diikuti lah dari belakang sampai ke rumah penadah. Setelah itu baru dilaporkan ke Polsek Cimanggis dan langsung kami meluncur dipimpin kanit reskrim Polsek Cimanggis dan menangkap penadah ini. Lalu dikembangkan kasus ini sampai dapat si Solikhin pelaku ini,” bebernya.

Solikhin dijerat Pasal 372 dan 378 KUHP atas kejadian itu. Sementara Aden dijerat Pasal 480 KUHP, seperti yang dikutip dari detikcom.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: