Rapat Kampanye Pemilu Pakistan Dibom, 14 Tewas Termasuk Politisi

Dampak serangan bom di acara rapat kampanye pemilu Pakistan yang digelar Partai Nasional Awami (ANP) di Peshawar, Selasa (10/7/2018). Foto/REUTERS/Fayaz Aziz

Sketsanews.com, Peshawar – Sebuah acara rapat kampanye partai politik untuk menghadapi pemilu Pakistan diguncang bom. Bom yang diduga sebagai serangan bunuh diri ini menewaskan 14 orang, termasuk politisi terkemuka.

Serangan bom terjadi di kota Peshawar, Pakistan barat laut, pada hari Selasa. Menurut polisi, politisi terkemuka Haroon Bilour, ikut tewas oleh serangan tersebut.

Acara rapat kampanye yang diguncang bom itu merupakan acara Partai Nasional Awami (ANP). Selain menewaskan 14 orang, serangan tersebut juga melukai 65 orang lainnya.

Bilour adalah calon legislatif sekaligus politisi terkemuka ANP yang akan bersaing dalam pemilu 25 Juli mendatang. Ayahnya, Bashir Bilour, juga seorang politikus ANP dibunuh oleh seorang pembom bunuh diri pada tahun 2012.

Polisi mengatakan terduga pembom bunuh diri beraksi ketika Bilour sedang bersiap berbicara di depan sekitar 200 pendukungnya.

Hingga Rabu (11/7/2018) belum ada pihak atau kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut.

Pemboman terjadi beberapa jam setelah militer Pakistan memperingatkan tentang ancaman keamanan menjelang pemilu.

Stasiun televisi lokal menyiarkan secara serangan mematikan tersebut, di mana beberapa ambulans tiba di lokasi dan bergegas membawa korban ke rumah sakit. Beberapa orang terlihat menangis.

Keluarga Bilour, seperti dikutip Sindonews, merupakan keluarga politisi yang berpengaruh di Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa, di mana Peshawar adalah ibu kotanya.

ANP sendiri adalah target utama serangan Taliban pada pemilu 2013. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: