Rayakan Hari Bakti Adiyaksa, Kejari Kota Malang Gelar Donor Darah

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Malang berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah dalam rangka memperingati hari bakti Adiyaksa yang ke-59, Selasa (9/7).

Kegiatan yang digelar dihalaman Kejari kota Malang itu merupakan rangkaian kegiatan dari beberapa kegiatan dalam perayaan hari bakti Adiyaksa.

Ketua panitia donor darah Kejari Kota Malang, Kusuma menuturkan, bahwa pihaknya menggelar donor darah itu selain untuk kesehatan bagi pendonor, juga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Semoga darah yang kita donorkan hari ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang mungkin membutuhkan darah,” kata Kusuma dihadapan awak media Selasa, 9/7/2019.

Ia juga mengatakan, bahwa dari 46 jumlah peserta yang mendonorkan darah baik dari masyarakat umum dan pegawai Kejaksaan hanya 31 peserta yang memenuhi persyaratan untuk diambil darahnya.

“Tidak semuanya bisa diambil darahnya karena beberapa faktor seperti kondisi tensi, kondisi kesehatan, serta waktu yang belum saatnya untuk mendonorkan darahnya,” imbuh Kusuma.

Sementara itu Heppy Endah Sari penanggung jawab pengambilan darah PMI kota Malang, mengaku ketersediaan darah di PMI kota Malang hingga saat ini masih tercukupi.

PMI kota Malang mengcover kebutuhan darah untuk wilayah Malang Kota, Malang Kabupaten, Kota Batu, bahkan melayani luar kota dan luar pulau.

“Semua golongan darah sangat dibutuhkan untuk stok ketersediaan darah di PMI kota Malang. Dalam satu tahunnya kita mendistribusikan darah mencapai 40 ribu kantong darah,” ucap Heppy.

Kendati demikian ia mengaku saat ini untuk pendonor darah golongan AB masih sangat minim. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: