Ribuan Ayam Mati Diserang Asap Karhutla, Peternak Rugi Besar

Sketsanews.com – Peternak di Sei Sintuk, Desa Sei Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), harus menanggung kerugian. Betapa tidak, ribuan ayam di sana mati mendadak. Tewasnya hewan ternak itu diduga akibat kepungan asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Asap karhutla yang menyerang kawasan peternakan masyarakat ini juga mengakibatkan kerugian hingga puluhan juta rupiah. Rata-rata ayam yang mati masih berusia antara satu hingga dua minggu, bahkan ayam yang sudah mendekati panen juga tidak luput dari kematian.

Kepala Peternakan setempat Adit Sumantri mengatakan, pada hari pertama kebakaran, ayam yang mati masih berkisar sekitar 50 ekor. Namun, memasuki hari kedua dan ketiga, sekitar tiga ribu ekor ayam mati akibat asap kebakaran lahan.

”Kami tidak tahu lagi harus berbuat apa dan mengadu pada siapa. Yang pasti, kerugian akibat kebakaran di kawasan peternakan ini mencapai puluhan juta rupiah,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Radar Sampit (Jawa Pos Group), Selasa(9/9).

Menurutnya, saat ini kebakaran sudah padam. Namun, asap tebal yang masuk ke kandang mengancam kesehatan belasan ribu ayam. Apalagi ayam potong paling rentan terdampak penyakit setelah terpapar asap.

Dia berharap kebakaran serupa tidak terjadi kembali. Pasalnya, hal ini berdampak luar biasa bagi bisnis ternak. Dia juga meminta perhatian dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kobar untuk memperhatikan nasib peternak seperti mereka.

”Ayam yang berada di kandang ini totalnya mencapai 15 ribu ekor, kalau kematian ayam ini terus terjadi setiap hari tentu kerugian besar sudah ada di depan mata,” pungkasnya.

Sketsanews.com ❱ Original Source : JawaPos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: