Sketsa News
Home Opini, Politik Rizal Ramli: Apabila Politik Kita Berubah Jadi Politik SARA, Bangsa Ini Akan Hancur!

Rizal Ramli: Apabila Politik Kita Berubah Jadi Politik SARA, Bangsa Ini Akan Hancur!

Rizal Ramli: Apabila Politik Kita Berubah Jadi Politik SARA, Bangsa Ini Akan Hancur!
| Foto Kabar3, Ismirsyaf Arbi

Sketsanews.com – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menilai Indonesia harus menyudahi kondisi politik yang diwarnai isu SARA. Hal ini disampaikannya usai menjadi keynote speaker dalam diskusi “Prospek Ekonomi dan Politik 2018”.

“Tidak bileh lagi ada phobia terhadap Islam ataupun terhadap agama lain. Kita ini negara Pancasila, tidak boleh ada phobia terhadap Islam, Kristen, Katolik, Budha atau agama lainnya. Kalau politik kita berubah jadi politik SARA, bangsa ini bisa pecah,” kata Rizal usai acara di wilayah Kemang, Jakarta, ditulis Kamis (11/1/2018).

Menurutnya, hal SARA tidak perlu di goreng karena menimbulkan banyak persoalaan tambahan yang cukup banyak, terlebih negeri ini sudah cukup banyak masalah.

“Kita go, masalah rakyat kita kan banyak. Yang miskin, banyak yang nggak ada kerjaan. Kalau rakyat kita sejahtera, kita nggak akan konflik,” tuturnya.

Berkaitan dengan ekonomi, dia menyatakan Pemerintahan Jokowi harus melakukan pembenahan, terlebih permasalahan yang ada pada golongan menengah kebawah.

Rizal juga meminta pemerintah memperbaiki mekanisme kredit. Kredit disarankan diberikan kepada lembaga yang track recordnya baik dan memiliki jangkauan jauh ke dalam masyarakat pedalaman.

“Masalah ada di golongan menengah ke bawah, kalau kebijakan ekonominya model begini ya itu super konservatif atau pengetatan, maka ekonomi akan terus stuck. Kita harus tumbuh di atas enam persen,” tegasnya.

Dirinya juga mengungkapkan cara-cara untuk meninggalkan model konservatif tersebut. Alhasil, ekonomi Indonesia tumbuh kembali.

“Tapi harus tinggalkan model konservatif ini. Ada caranya seperti saya katakan pompa ekonomi tapi bukan pakai anggaran, namun pakai evaluasi aset, pakai security aset, pakai BOT, BOO. Sehingga, harga pangan murah dan rakyat punya daya beli serta ekonomi tumbuh kembali,” tambahnya sekaligus mengakhiri. (Kabar3)

 

(in)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: