Rizal Ramli Minta Jokowi Membeberkan Kegagalan Selama Pemerintahannya

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Mantan Menko Bidang Kemaritiman Kabinet Jokowi-JK, Rizal Ramli, menyarankan Presiden Jokowi juga membeberkan kegagalan selama pemerintahannya. Menanggapi itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf meminta Rizal untuk memperjelas parameter yang dimaksud kegagalan.

“Parameternya juga kan harus jelas, apa yang dimaksud dengan kegagalan kedaulatan ekonomi. Kalau kedaulatan pangan juga harus dilihat dalam perspektif yang lebih luas, seperti yang disampaikan oleh Pak Jokowi sendiri dalam debat (capres),” ujar juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, seperti yang dikutip dari detikcom, Sabtu (2/3/2019).

Ace pun tidak sepakat dengan pernyataan Rizal yang menyebut ada kegagalan kedaulatan ekonomi dan pangan di pemerintahan Jokowi. Terkauit kedaulatan pangan, Ace mengungkapkan, naiknya produksi komoditas pangan di pemerintahan Jokowi menunjukkan bahwa Jokowi mampu meningkatkan produksi pangan.

“Termasuk di antaranya kenaikan produksi padi, tapi kan kita juga harus memikirkan soal ketersediaan kebutuhan pokoknya di pasaran,” kata Ace.

Menurut Ace, kebijakan impor terhadap komoditas pangan di tengah tingginya produksi komoditas pangan adalah untuk menjaga keseimbangan harga di pasaran. Pemerintah tidak ingin menaikkan harga komoditas pangan yang dapat membebani konsumen.

“Itu harus dihindari, itu yang disebut oleh Pak Jokowi sebagai keseimbangan. Maka kebutuhan adanya beberapa komoditas yang dilakukan dengan impor itu kan sebetulnya bagian dari untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan yang kedua untuk menciptakan keseimbangan pasar,”tuturnya.

Demkian halnya dengan kedaulatan ekonomi, Ace tidak sepakat Jokowi disebut gagal dalam hal ekonomi. Faktanya, Jokowi mampu membuat perekonomian dalam negeri stabil di tengah berbagai tekanan ekonomi global.

“Ada berbagai macam kebijakan yang dilakukan Jokowi yang dinilai memang sangat tepat. Misalnya dibandingkan dengan negara-negara yang lain, kita relatifnya angkat pertumbuhannya di antara rata-rata 5 persen. Padahal tekanan ekonomi global begitu kuat semasa pemerintahannya Pak Jokowi, saya kira tidak tepat jika dikatakan itu adalah sebuah kegagalan,” ucapnya.

Untuk itu, Ace meminta Rizal untuk objektif melihat pemerintahan Jokowi.

“Padahal kita harus tahu juga, bahwa Pak Rizal Ramli juga pernah menjadi bagian dari pemerintahan Pak Jokowi. Tidak tepat (Jokowi disebut gagal), kita objektif saja, bahwa masih ada kekurangan di sana sini itu tidak lebih besar dari keberhasilan dari selama ini yang dilakukan oleh Pak Jokowi,” imbunya.

Sebelumnya, Rizal Ramli menyarankan Jokowi untuk mengakui program yang gagal dalam kepemimpinannya. Rizal juga meminta jokowi tidak over klaim.

Rizal mengatakan beberapa janji Jokowi yang gagal antara lain kedaulatan pangan dan kedaulatan ekonomi. Hal tersebut dilihat dalam impor pangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya 5 persen dalam 5 tahun.

“Pak Widodo dulu janji 7 persen tapi tidak sanggup. Kalau tidak sanggup mau ganti strategi tidak. Karena yang ini gagal kok, wajar donk kalau tawarkan strategi baru,” kata Rizal di Semarang, Sabtu (2/3). (Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: