Ruang Bakar Sehat Busi Pasti Awet

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Busi merupakan salah satu bagian komponen terpenting bagi kendaraan bermotor. Karena proses pengapian melalui busi motor dapat berjalan.

Pengguna kendaraan roda dua ini bisa membuat umur busi menjadi panjang dengan menjaga kebersihan ruang bakar. “Menjaga tiga hal, yaitu campuran udara dan bahan bakar pas, kompresi tidak ada kebocoran, dan yang ketiga busi yang sehat artinya tidak kebocoran, keausan atau ada kerak,” kata Diko, Teknikal PT NGK Busi Indonesia.

Busi sendiri mempunyai usia pakai yakni untuk kendaraan sepeda motor per 6.000 km sedangkan mobil 20.000 km. Jika usia busi melewati masanya yang terjadi adalah loss power dan bahan bakar cepat boros.

“Efeknya paling terasa yaitu loss power, kemudian konsumsi bahan bakar jelas lebih boros,” ujar Diko.

Bahan bakar boros disebabkan miss fire atau gagal pembakaran, karena satu liter yang masuk ke ruang bakar itu tidak akan habis dibakar sempurna oleh busi, karena percikan listriknya kecil dan tidak fokus.

“Karena satu liter yang masuk ke ruang bakar itu tidak akan habis dibakar sempurna oleh busi, karena percikan listriknya kecil dan tidak fokus. Itu yang kita sebut dengan miss fire, atau gagal pembakaran,” jelas Diko. (Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: