RUU Ekstradisi Dicabut, Demo di Hong Kong Belum Akan Surut

Pengunjuk rasa pro-demokrasi Hong Kong saat memblokir jalur ke Bandara Internasional Hong Kong

Sketsanews.com, Hong Kong – Pemimpin Hong Kong Carrie Lam akhirnya mengumumkan pencabutan secara permanen RUU ekstradisi. Namun pengumuman pencabutan RUU ekstradisi ke China ini belum dipastikan akan menyurutkan demo besar yang terjadi sejak pertengahan Juni lalu.

“Pemerintah akan secara resmi mencabut RUU tersebut untuk sepenuhnya menghilangkan kekhawatiran publik,” kata Carrie Lam dalam video yang dirilis via kantornya seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (4/9/2019).

Lam memberi pesan kepada para demonstran untuk meninggalkan kekerasan telah menempatkan Hong Kong dalam posisi “rentan dan berbahaya”. Dia mengajak masyarakat berdialog.

Prioritas utama kami sekarang adalah untuk mengakhiri kekerasan, untuk menjaga supremasi hukum dan untuk memulihkan ketertiban dan keselamatan dalam masyarakat,” tegasnya.

Pengunjuk rasa pro-demokrasi Hong Kong saat memblokir jalur ke Bandara Internasional Hong Kong

Pengunjuk rasa pro-demokrasi Hong Kong saat memblokir jalur ke Bandara Internasional Hong Kong (Foto: Reuters)

Gelombang protes di Hong Kong yang hampir berjalan tiga bulan ini berawal dari memprotes pembahasan RUU ekstradisi yang mengizinkan ekstradisi tersangka ke China daratan yang pengadilannya dikendalikan oleh Partai Komunis. Namun kemudian, aksi protes meluas menjadi tuntutan untuk reformasi demokrasi.

Massa menuntut agar RUU ekstradisi dicabut permanen. Publik Hong Kong memandang RUU ini sebagai agenda terselubung China untuk mencampuri sistem hukum mereka. Akhirnya jutaan orang turun ke jalan-jalan di Hong Kong sejak Juni lalu, yang menjadi tantangan terbesar bagi Hong Kong sejak diserahkan oleh Inggris ke China pada tahun 1997.

View in Single Page
123

▶ Sumber ◀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: