Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Olahraga Sambut Obor Asian Games 2018, Pemkot Solo Liburkan Sekolah

Sambut Obor Asian Games 2018, Pemkot Solo Liburkan Sekolah

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, M,M, bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Ist)

Sketsanews.com, Solo – Api Obor Asian Games 2018 tiba di Yogyakarta, Selasa (17/7) kemarin. Usai diarak di Yogyakarta dan dikawinkan dengan api Mrapen, obor tersebut akan dibawa keliling di 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi di Indonesia dengan menempuh jarak sekitar 18.000 kilometer.

Kota Solo mendapatkan giliran pada Kamis (19/7) besok. Api abadi yang dibawa dari India itu akan mampir di Stadion Sriwedari, yang juga Monumen Pekan Olahraga Nasional (PON) I. Berbagai persiapan dilakukan warga dan Pemerintahan Kota (Pemkot) Solo.

Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk menyambut obor tersebut telah mencapai 90 persen. Pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran untuk sekolah SD, SMP dan SMA/sederajat baik negeri maupun swasta untuk membebaskan jam belajar bagi siswanya pada pukul 11.00 WIB untuk menyambut obor tersebut di Kota Solo.

“Kita sudah keluarkan SE, kita meminta siswa-siswi di Solo menonton obor tersebut menyala-nyala, menjadikan semangat mereka berkobar mengejar masa depan cerah,” ujar Rudyatmo, Rabu (18/7).

Dia menjelaskan, penyambutan obor Asian Games dilakukan dari Tugu Makutha (Makoto) hingga di Tugu Pemandengan atau depan Balai Kota Solo. Nantinya obor tersebut akan dibawa sejumlah atlet dan artis yang ditugaskan di sana. Setiap 500 meter, akan ada pergantian pelari yang membawa obor.

“Saya bertugas untuk membawa obor itu dari Tugu Pemandengan ke Balai Kota Solo. Dan di Balai Kota nanti yang menerima obor adalah pak Wawali Achmad Purnomo,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Suhanto menambahkan, pihaknya optimistis penonton obor yang akan dibawa lari sejumlah artis dan atlet secara estafet itu mencapai 40 ribu pengunjung lebih.

“Kami berharap masyarakat Solo dapat memenuhi rute yang dilewati obor Asian Games. Target kami bisa 40 ribu lebih penonton yang datang menyemarakkan event ini,” ujarnya, seperti dikutip dari Merdeka.

Agar penyambutan obor semakin meriah, pihaknya akan mengerahkan sekolah baik SD, SMP maupun SMA sederajat untuk bisa menonton di sepanjang rute yang dilewati. Selain siswa sekolah, Pemkot juga mengerahkan ASN di Kota Solo untuk terlibat, di sepanjang rute tersebut.

“Khusus untuk ASN tidak semuanya menonton. Pasti ada yang tinggal di kantor untuk melayani masyarakat karena hal itu tak boleh diabaikan,” katanya.

Terkait penerima estafet dari Prambanan ke Solo, ia menjelaskan bila sejumlah pihak yang akan menerimanya. Yakni lima orang dari Inasgoc, lima orang dari sponsor, dan 10 orang dari Pemkot Solo.

Gubernur Jawa Tengah juga dijadwalkan datang. Kemudian ada juga atlet-atlet berprestasi seperti Endang juara Yudo, lalu atlet-atlet Pencak Silat. Kemudian Erick Thohir serta sejumlah Menteri dan artis, diantaranya Dian Sastro, Rocky Putiray dan lainnya. (Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: