Sketsa News
Home Berita, Hidup Sehat Satu Lagi Manfaat Latihan Angkat Beban : Bantu Redakan Cemas

Satu Lagi Manfaat Latihan Angkat Beban : Bantu Redakan Cemas

Foto : Istimewa

Sketsanews.com, Jakarta — Manfaat latihan angkat beban bukan sekadar memperbesar otot. Studi terbaru menyebut latihan angkat beban juga bisa membantu menangani gangguan kecemasan.

Brett Gordon, pakar pendidikan jasmani dari University of Limerick, Republik Irlandia, melakukan penelitian kepada 922 partisipan. Ditemukan bahwa untuk meredakan gangguan kecemasan dengan latihan angkat beban sama efektifnya seperti penggunaan obat dan terapi lini pertama.

“Selama ini olahraga yang disebut bermanfaat bagi kesehatan mental hanyalah olahraga berbasis aerobik,” ungkap Gordon, dikutip dari Reuters.

“Namun penelitian kami membuktikan bahwa resistance exercise training seperti angkat beban juga dapat meredakan cemas, baik pada pasien gangguan kecemasan maupun orang sehat,” tambah Gordon lagi.

Latihan angkat beban disebut Gordon sebagai terapi pertama dengan biaya yang minim dan risiko yang kecil. Mereka yang mengalami cemas akut maupun kronis tahap awal disarankan melakukan latihan angkat beban.

Dianna Purvis Jaffin dari Brain Performance Institute, University of Texas, mengatakan memang studi soal kaitan antara olahraga dan kesehatan mental lebih sering menggunakan olahraga berbasis aerobik sebagai subjek. Pada olahraga aerobik, partikel abu-abu otaklah yang biasanya mengalami perubahan dan peningkatan.

Nah, olahraga angkat beban diklaim memiliki dampak yang berbeda pada otak, di mana partikel putih yang lebih terpengaruh. Bisa jadi dengan latihan angkat beban, kerusakan pada partikel putih bisa dicegah sebagaimana latihan aerobik menjaga kesehatan partikel abu-abu.

“Teori lainnya menyebut latihan angkat beban hanya sebatas mengalihkan perhatian pasien dari rasa cemas yang ia rasakan. Ini masuk akal, mengingat saat latihan angkat beban dibutuhkan konsentrasi penuh,” imbuh Purvis yang tak terlibat penelitian.

(Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: