Sebanyak 27 WNA di Kota Madiun Miliki E-KTP

Sketsanews.com, Madiun – Sebanyak 35 Warga Negara Asing (WNA) menetap di Kota Madiun. Dari jumlah tersebut, 27 diantaranya memiliki kartu tanda penduduk elektronik (-KTP). Sementara, Bawaslu Kota Madiun akan melakukan pengecekan ke KPU terkait data WNA tersebut.

Bawaslu Kota Madiun melakukan pengecekan data warga negara asing di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun.

Kepala Dispendukcapil Kota Madiun, Nono Djatikusumo menjelaskan, pemberian E KTP bagi wna tidak sebarangan. Pasalnya, WNA harus memenuhi ketentuan pada undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

“Dalam pasal 63 ayat 1 disebutkan WNA berhak atas E-KTP, namun harus memenuhi persyaratan kartu izin tinggal tetap (kitap),” jelas Nono Djatikusumo, seperti dilansir dari pojokpitu

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko mengatakan, pengecekaan ini guna memastikan data rinci jumlah wna di kota madiun.

“Bawaslu akan melakukan pengecekan ke KPU Kota Madiun, guna memastikan wna ini tidak masuk dalam data pemilih pemilu 2019,” jelas Kokok Heru Purwoko.

WNA yang memiliki E KTP ini sempat menjadi polemik menjelang pemilu 2019. Namun, hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan perundang-udangan. Selain itu, meski memiliki EKTP, WNA tidak memiliki hak pilih dalam pemilu 2019.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: