Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Tekno-Sains Sekarang Akun Penyebar Kebencian Bisa Dilacak Oleh Twitter

Sekarang Akun Penyebar Kebencian Bisa Dilacak Oleh Twitter

Ilustrasi 

Sketsanews.com, Jakarta – Seperti yang dihadapi platform media sosial lainnya, Twitter cukup kewalahan dalam mengatasi konten yang berisikan tentang ujaran kebencian. Menghadapi isu tersebut, Twitter tengah merancang jurus jitunya.

Dikutip dari The Verge, Rabu (17/10/2018) media sosial berlogo burung ini telah mengembangkan proyek berupa dashboard yang dinamakan Exploring Online Hate.

Alat tersebut buah kerja sama Twitter dengan New America Foundation dan Anti-Defamation League, sebuah organisasi yang melacak kelompok kebencian.

Dalam sebuah pengujian yang dilakukan melalui sampel 1.000 akun Twitter untuk melacak konten yang mengandung ujaran kebencian kepada suatu kelompok yang dilindungi. Ditemukan 40 akun yang menunjukkan perilaku ujaran kebencian dan kemudian secara algoritma dihasilkan lebih besar kumpulan data akun terkait.

Menurut peneliti, dengan mengolah data dari akun Twitter di kelompok tersebut dapat dideteksi cuitan kebencian secara real-time. Selanjutnya, informasi ini akan disampaikan topik yang sedang tren dan sumber diskusinya.

“Melalui kombinasi metode algoritma yang melibatkan pemilihan fitur statistik dalam kombinasi dengan kurasi manusia, kami akan membuat daftar akun teratas yang terlihat dalam perilaku kebencian di antara pengikut ini,” kata New America Foundation.

(Tri/Detik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: